PRANYOTO, YUDHA SUJUD (2025) PERANCANGAN MARKETING COLLATERAL SEBAGAI MEDIA PEMASARAN BRAND ALEENAZAIRE HIJAB. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of YUDHA_REPOSITORY_LAPORAN_TA_BAB 1&5.pdf]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
YUDHA_REPOSITORY_LAPORAN_TA_BAB 1&5.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of YUDHA_REPOSITORY_LAPORAN_TA_BAB 2-3.pdf]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
YUDHA_REPOSITORY_LAPORAN_TA_BAB 2-3.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (3MB) | Request a copy
Abstrak
Menurut data yang diambil dari World Economic Forum pada tahun 2022 permintaan produk fesyen hijab di Indonesia terus mengalami peningkatan, tetapi pasar domestik masih didominasi oleh produk impor sehingga mendorong pelaku UMKM lokal untuk merumuskan strategi efektif untuk memasarkan produknya lebih luas. Aleenazaire sebagai salah satu UMKM fesyen hijab lokal yang turut andil dalam persaingan pasar hijab domestik menyasar Gen Z segmen
pasar utamanya yang baru sebagai upaya dalam memperluas cakupan pasarnya. Sayangnya Aleenazaire belum memiliki media pemasaran yang dirancang khusus untuk Gen Z sebagai target pasar barunya. Marketing Collateral dapat diperhitungkan sebagai media pemasaran yang efektif terhadap Gen Z melalui penerapan konsistensi dan personal branding yang kuat. Untuk mengoptimalkan fungsi marketing collateral, diperlukan desain visual yang menarik dan selaras
dengan identitas brand agar mampu menarik perhatian audiens di tengah persaingan informasi produk yang beredar. Penelitian ini bertujuan untuk merancang marketing collateral brand Aleenazaire sebagai media pemasaran untuk meningkatkan daya tarik terhadap Gen Z denganmenerapkan teori desain grafis. Metode penelitian yang digunakan adalah mix-method dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, studi literatur, dan kuesioner. Proses perancangan
desain dilakukan dengan metode pendekatan Five Phase Model of the Design Process oleh Robin Landa. Hasil dari penelitian berupa serangkaian materi pendukung pemasaran yang didesain secara konsisten dengan gaya clean, elegant,
dan menggunakan warna-warna soft. Ilustrasi Bunga dahlia dan tumbuhan kapas yang disederhanakan akan menjadi elemen key visual dalam konsep desain untuk merepresentasikan produk Aleenazaire. Marketing collateral baru ini diharapkan dapat membantu brand Aleenazaire hijab untuk menarik konsumen Gen Z lebih efektif dengan cakupan audiens yang lebih luas. Kata kunci: Aleenazaire, Marketing Collateral, Media Pemasaran, Gen-Z
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 700 Seni, seni rupa, kesenian 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif 700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital) |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4 |
User ID Pengunggah: | S.Tr.DS Yudha Pranyoto |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 06:38 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 06:38 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/28689 |