Amanda, Vanny Thalia (2025) PERANCANGAN BUKU CERITA ANAK BERGAMBAR “THE CAT WHO LICKED THE TEARS OF WAR” SEBAGAI MEDIA EDUKASI ANAK USIA DINI UNTUK PENERBIT MEKAR CIPTA LESTARI. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of Bab 1 & 5]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 1 & Bab 5_TUGAS AKHIR DESAIN GRAFIS_VANNY THALIA AMANDA.pdf
Download (4MB)
![[thumbnail of Bab 2 - 4]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 2, Bab 3, & Bab 4_TUGAS AKHIR DESAIN GRAFIS_VANNY THALIA AMANDA.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (139MB)
Abstrak
Buku cerita anak bergambar memiliki peran penting sebagai media edukasi yang signifikan dalam mendukung berbagai aspek perkembangan anak. Menurut Zheng et al. (2022), pada anak rentang usia 2-7 tahun, ketersediaan buku cerita anak bergambar dapat meningkatkan perkembangan bahasa reseptif dan kontrol inhibisi. Selain itu, menurut Sinamo et al. (2024), membaca buku cerita anak bergambar membantu mengembangkan keterampilan sosial anak usia dini, seperti
empati, berpikir kritis, komunikasi, kerjasama, dan toleransi, melalui pengalaman emosional dan pemahaman cerita. Penerbit Mekar Cipta Lestari berencana menerbitkan buku cerita anak bergambar berjudul “The Cat Who Licked the Tears
of War” dalam upaya mengedukasi konflik Palestina pada anak usia dini. Penerbit Mekar Cipta Lestari ingin mengangkat isu tentang konflik Palestina untuk membangun kesadaran anak-anak mengenai pemahaman keadilan sosial dan HAM, serta mengembangkan empati terhadap korban, mengingat dampak
genosida dan ketegangan isu militer yang masih terjadi sampai saat ini menghambat pendidikan, membahayakan keselamatan, dan menimbulkan trauma psikologis jangka panjang bagi anak-anak Palestina. Perancangan tugas akhir ini
bertujuan sebagai solusi edukatif yang menyampaikan pesan positif melalui visual menarik dan cerita yang mudah dipahami, sekaligus mengenalkan isu-isu global yang kompleks kepada anak usia dini. Dengan pendekatan kreatif, buku ini
diharapkan dapat menjadi media edukasi untuk membangun empati dan kesadaran sosial anak usia dini, tanpa meninggalkan unsur hiburan dan pembelajaran yang
sesuai dengan usia mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, di mana data yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi literatur. Adapun proses desain digunakan dengan metode design thinking yang tahapannya dimulai dari empathize, define, ideate, prototype, dan diakhiri dengan testing.
Kata kunci: Buku Cerita Anak Bergambar, Media Edukasi, Konflik Palestina
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 700 Seni, seni rupa, kesenian 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif 700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital) |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4 |
User ID Pengunggah: | Vanny Thalia Amanda |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 03:53 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 03:53 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/28684 |