Rahmawati, Sari (2025) Perancangan Desain Kemasan Sebagai Representasi Citra Brand R Malera Ecoprint. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of BAB 1 & 5]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1&5 Sari Rahmawati.pdf
Download (6MB)
![[thumbnail of BAB 2 - 4]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 2-4 Sari Rahmawati.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (6MB)
Abstrak
Sebagai sektor ekonomi kreatif yang terus berkembang pesat, industri fashion juga berkontribusi besar terhadap pencemaran lingkungan melalui limbah tekstil. Tren fashion berkelanjutan seperti Ecoprint ramai diminati sebagai solusi produk fashion
ramah lingkungan dan bernilai tinggi. Para pelaku UMKM mulai menggeluti usaha produk fashion berbasis Ecoprint, salah satunya adalah R Malera. Berawal dari media sosial, R Malera dikenal sebagai UMKM asal Jombang, Jawa Timur yang menjual produk fashion Ecoprint eksklusif seperti pakaian, sepatu dan tas. Seiring dengan meningkatnya popularitas R Malera di pasar yang lebih luas, kini R Malera menambah penjualannya di Toko Oleh-Oleh milik Dekranasda Jombang dan Jawa Timur. Namun, kurangnya citra brand fashion berkelanjutan dan nilai eksklusif Ecoprint pada kemasan produk R Malera saat ini masih menjadi tantangan karena
sulit dikenali dan kurang menarik minat konsumen sehingga mempengaruhi pemasaran di pasar yang lebih luas. Penelitian ini bertujuan merancang desain kemasan yang merepresentasikan citra brand R Malera Ecoprint, menciptakan daya tarik visual dan menjadi pembeda dari produk pesaing. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian mix methods dengan pendekatan kualitatif yaitu studi literatur, observasi dan wawancara, serta pendekatan kuantitatif melalui
survey kuesioner. Hasil temuan data kemudian dianalisis menggunakan metode analisis SWOT dan didapatkan tone and manner R Malera yaitu modern, premium dan ecofriendly. Dengan mengangkat konsep visual “Modern Suistainable Fashion” berdasarkan eksplorasi dari mindmap dan moodboard, kemudian konsep visual tersebut dikembangkan ke dalam sketsa kasar, sketsa halus, digitalisasi, hingga pemodelan wujud asli desain kemasan R Malera Ecoprint dalam bentuk mockup. Hasil akhir penelitian ini berupa desain kemasan box pakaian, box sepatu dan media pendukung yang diharapkan mampu membangun citra brand R Malera sebagai brand fashion Ecoprint yang eksklusif dan berkelanjutan sehingga mudah dikenali dan menarik minat konsumen.
Kata kunci: Desain Kemasan, Citra Merek, Ecoprint, Fashion berkelanjutan
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 700 Seni, seni rupa, kesenian 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif 700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital) |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4 |
User ID Pengunggah: | Sari Rahmawati |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 03:48 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 03:48 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/28666 |