2104421015, Bagas Adi Susilo (2025) PENGARUH EKSPEKTASI KINERJA, EKSPEKTASI USAHA, DAN FITUR LAYANAN BLUSAVING TERHADAP MINAT MENABUNG DI APLIKASI BLU BY BCA DIGITAL (Studi Kasus: Generasi Z di Jabodetabek). Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of Halaman Identitas Dokumen Skripsi]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Identitas Dokumen Skripsi_Bagas Adi Susilo.pdf
Download (4MB)
![[thumbnail of Bab 2 s.d Bab 4_Isi Skripsi]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Isi Skripsi Bab 2-Bab 4_Bagas Adi Susilo.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (1MB)
![[thumbnail of Manuskrip]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bagas Adi Susilo_Artikel.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori
Download (600kB)
Abstrak
Kemunculan bank digital seperti BCA Digital yang merilis aplikasi mobile banking Blu by BCA Digital merupakan salah satu cara bagaimana kemajuan teknologi yang begitu cepat berdampak pada layanan perbankan. Dimana nasabah pengguna yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana minat menabung di aplikasi Blu dipengaruhi oleh ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, dan fitur layanan bluSaving. Kuesioner digunakan sebagai alat pengumpulan data dalam metodologi survei kuantitatif. Generasi Z yang berusia antara 17 hingga 28 tahun dan pengguna aplikasi Blu by BCA Digital di Jabodetabek yang menjadi sampel penelitian. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa minat menabung dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh ketiga variabel independen. Minat menabung dan ekspektasi kinerja berkorelasi kuat; semakin banyak keuntungan aplikasi yang didapatkan, semakin tinggi minat menabung. Efek positif dari ekspektasi usaha meliputi peningkatan minat menabung karena kemudahan penggunaan. Selain itu, karena fitur layanan bluSaving memudahkan konsumen dalam menabung, fitur ini memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap minat menabung. Ketiga faktor tersebut menyumbang 65,1% terhadap minat menabung, berdasarkan koefisien determinasi. Oleh karena itu, disarankan agar BCA Digital terus mencari cara-cara baru untuk meningkatkan fungsionalitas, kinerja, dan fitur-fitur aplikasi blu untuk meningkatkan minat menabung.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya) |
---|---|
Subjek: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Akuntansi > Keuangan dan Perbankan D4 |
User ID Pengunggah: | Bagas Adi Susilo |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 02:00 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 02:02 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/28574 |