ANALISIS FAKTOR-FAKTOR INTERNAL YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH BABY BOOMERS UNTUK MENGGUNAKAN APLIKASI MOBILE BANKING (STUDI KASUS BCA MOBILE)

4417040030, Grace Agustin (2021) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR INTERNAL YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH BABY BOOMERS UNTUK MENGGUNAKAN APLIKASI MOBILE BANKING (STUDI KASUS BCA MOBILE). Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan Dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan Dan Penutup)
JudulPendahuluanDanPenutup.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
IsiBab2sdBab4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (5MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Manuskrip.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (830kB)

Abstrak

Baby boomers merupakan generasi yang lahir sekitar tahun 1964-1946, dimana usia mereka adalah sekitar 56-75 pada tahun 2021. Melihat perilaku mereka dimana masih belum banyak baby boomers yang sudah menggunakan layanan digital banking, penelitian dilakukan dengan mengambil studi kasus pada BCA mobile yang merupakan salah satu layanan mobile banking yang unggul dan telah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, khususnya baby boomers. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor internal apa saja yang mempengaruhi keputusan nasabah baby boomers untuk menggunakan aplikasi BCA mobile. Data penelitian didapatkan dengan menyebarkan kuisioner kepada 100 responden dan juga wawancara yang dilakukan kepada 5 responden baby boomers, dan teknik analisis yang digunakan adalah analisis faktor serta analisis regresi linear berganda yang dilakukan menggunakan SPSS V25. Adapun hasil penelitian ini menghasilkan 3 faktor baru, dimana uji analisis faktor mengasilkan bahwa variabel kepribadian, sikap, kepercayaan, persepsi risiko, consumer imagery, motivasi rasional dan literasi digital dapat direduksi menjadi faktor kepribadian, persepsi risiko dan citra produk. Dengan menggunakan uji analisis regresi linear berganda didapatkan hasil bahwa ke-3 faktor tersebut mempengaruhi keputusan baby boomers untuk menggunakan BCA mobile, dengan faktor citra produk sebagai faktor yang paling dominan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 150 Psikologi (ilmu jiwa)
300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan D4
User ID Pengunggah: Grace Agustin
Date Deposited: 16 Sep 2021 03:01
Last Modified: 16 Sep 2021 03:01
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/2833

Actions (login required)

View Item
View Item