PERANCANGAN DESAIN KEMASAN TAS RAJUT UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS PADA INAYA CROCHET

2106421018, Tika Rifatul Lilyani (2025) PERANCANGAN DESAIN KEMASAN TAS RAJUT UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS PADA INAYA CROCHET. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bab 1 HAlaman Identitas] Text (Bab 1 HAlaman Identitas)
Halaman Identitas ( Bab 1 & Lampiran)_Tika Rifatul.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bab 2 Tinajuan Pustaka] Text (Bab 2 Tinajuan Pustaka)
Isi (Bab 2 - Bab 4)_Tika Rifatul.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)

Abstrak

Industri fashion seperti tas rajut terus berkembang di Indonesia, salah satunya melalui UMKM Inaya Crochet. Meskipun memiliki produk berkualitas dan pasar yang potensial, Inaya Crochet masih menghadapi permasalahan dalam aspek pengemasan. Kemasan yang digunakan masih berupa plastik polos tanpa identitas visual dan kurang mampu melindungi produk selama proses distribusi. Permasalahan ini mempengaruhi citra merek dan daya saing produk di pasar. Oleh karena itu, dilakukan perancangan desain kemasan yang bertujuan untuk meningkatkan brand awareness sekaligus memberikan perlindungan maksimal bagi produk. Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah metode campuran (mixed method) yang menggabungkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Tahapan yang dilakukan meliputi observasi, wawancara, survei, pembuatan Mind Map, moodboard, sketsa struktur dan sketsa desain, hingga pengembangan desain komprehensif. Data dikumpulkan melalui studi literatur, analisis kompetitor, serta pengukuran preferensi target konsumen untuk memperoleh pemahaman mendalam mengenai kebutuhan visual dan fungsi dari kemasan yang dirancang. Hasil eksplorasi visual disimpulkan ke dalam empat key visual utama yaitu , kreatif, unik, dan ceria. Berdasarkan hasil perancangan, diperoleh desain kemasan dengan konsep visual yang mengedepankan warna pastel cerah yang playful, ilustrasi handmade seperti benang dan tangan, menggunakan jenis tipografi sans serif, serta layout yang simetris dan mudah dibaca. Struktur kemasan menggunakan bahan kertas kraft corrugated berukuran 30 x 16 x 4 cm berbentuk mailer box yang kokoh. Perancangan ini diharapkan dapat memperkuat identitas visual brand Inaya Crochet serta meningkatkan nilai jual dan kepercayaan konsumen terhadap produk.

Kata kunci: Brand Awareness, Desain Kemasan, Inaya Crochet, Tas Rajut.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 700 Seni, seni rupa, kesenian
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital)
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: Tika Rifatul
Date Deposited: 18 Jul 2025 02:27
Last Modified: 18 Jul 2025 02:27
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/28076

Actions (login required)

View Item
View Item