PERANCANGAN ULANG DESAIN KEMASAN KEN SAGARA UNTUK MENINGKATKAN IDENTITAS BRAND DAN DAYA SAING DI PASAR GLOBAL

2106421017, Linda Saputri (2025) PERANCANGAN ULANG DESAIN KEMASAN KEN SAGARA UNTUK MENINGKATKAN IDENTITAS BRAND DAN DAYA SAING DI PASAR GLOBAL. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
Halaman Identitas_Tugas Akhir_Linda Saputri.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
Halaman Isi_Tugas Akhir_Linda Saputri.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)

Abstrak

Industri fashion terus berkembang seiring dengan meningkatnya kesadaran konsumen terhadap nilai estetika, keberlanjutan, dan identitas merek. Salah satu strategi untuk memperkuat posisi brand di pasar adalah melalui desain kemasan yang fungsional dan menarik secara visual. Ken Sagara adalah sebuah brand lokal yang memproduksi tas rajut handmade yang sedang menghadapi tantangan dalam membangun identitas visual kemasannya agar mampu bersaing di pasar nasional dan global. Penelitian ini bertujuan untuk merancang ulang desain kemasan Ken Sagara yang mampu merepresentasikan nilai craftsmanship, sustainability, dan nilai tradisi sebagai bagian dari strategi branding. Metode penelitian yang digunakan adalah metode mixed method yaitu penggabungan data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh melalui studi literatur, wawancara dengan pemilik brand, observasi kemasan, dan survei kepada target konsumen. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode matriks SWOT untuk menentukan strategi visual yang tepat. Hasil penelitian menunjukkan tone and manner Ken Sagara yaitu modern, minimalis, craftsmanship dan premium dari key message, dengan konsep visual desain kemasan “Handmade Premium Bag” dan “Modern Knit Bag” berdasarkan kata kunci modern, minimalis, craftsmanship dan premium dari eksplorasi mindmap. Digunakan elemen dan prinsip desain seperti tipografi serif, sans serif dan script, menggunakan gaya visual flat design dan line art, warna hitam, putih, monokrom dan earth tone, dengan ilustrasi wanita pengrajin, rajut dan benang, serta layout simetris dan asimetris, serta terdapat whit space. Konsep visual tersebut kemudian dikembangkan kedalam sketsa, digitalisasi, hingga mockup 3D atau permodelan yang menyerupai wujud asli kemasan Ken Sagara. Hasil akhir penelitian ini berupa desain kemasan baru Ken Sagara berupa magnet rigid box yang tidak hanya mampu melindungi produk secara optimal, tetapi juga memberikan pengalaman unboxing yang eksklusif, memperkuat identitas brand, dan meningkatkan daya saing Ken Sagara di pasar lokal maupun global.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 700 Seni, seni rupa, kesenian
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital)
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: Linda Saputri
Date Deposited: 18 Jul 2025 02:29
Last Modified: 18 Jul 2025 02:29
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/28047

Actions (login required)

View Item
View Item