2107411027, Adelia Citra Utami (2025) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PELAYANAN KOMUNITAS GEREJA BERBASIS WEB. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi, Bab I Pendahuluan, dan Bab V Penutup]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab1-5_IdentitasSkripsi_2107411027_AdeliaCitraUtami_Skripsi.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of Bab II Tinjauan Pustaka, Bab III Metode Penelitian, dan Bab IV Hasil dan Pembahasan]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab2-4_IsiSkripsi_2107411027_AdeliaCitraUtami_Skripsi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (4MB)
![[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
b. 2107411027_AdeliaCitraUtami_Jurnal.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori
Download (1MB)
Abstrak
Basis data jemaat merupakan bagian penting untuk mendukung terlaksananya pelayanan
suatu komunitas gereja, khususnya pada Gereja Kristen Pasundan Rehoboth Jatinegara.
Namun, pada faktanya penyimpanan basis data jemaat GKP Rehoboth Jatinegara yang
beranggotakan lebih dari 500 orang, masih dilakukan secara konvensional dengan
menggunakan spreadsheet, sehingga seringkali data tidak terperbaharui ataupun hilang.
Hal ini menyulitkan majelis jemaat dan fungsionaris dalam mengelola berbagai
pelayanan. Untuk mengatasi tantangan ini, diperlukan sistem yang dapat menyimpan
seluruh data jemaat, serta dapat melakukan pengelolaan. Penelitian ini bertujuan untuk
merancang dan membangun sistem informasi manajemen pelayanan komunitas gereja
berbasis web untuk membantu jalannya pelayanan di GKP Rehoboth Jatinegara, seperti
penjadwalan petugas ibadah rutin, penjadwalan perkunjungan jemaat, pencatatan
kehadiran jemaat, pemantauan kondisi jemaat yang berpotensi maju menjadi majelis
jemaat maupun fungsionaris, pengelolaan pendaftaran baptisan, katekisasi, dan
pernikahan, serta pengelolaan informasi kegiatan pelayanan gereja. Penelitian ini
menggunakan metode pengembangan perangkat lunak Waterfall dengan model
perancangan Unified Modelling Language (UML). Pengujian sistem menunjukkan
keberhasilan sebesar 100% pada pengujian black box. Pengujian kegunaan menghasilkan
skor System Usability Scale (SUS) sebesar 84,00 dengan kategori “Excellent” dan Net
Promoter Score (NPS) 73,33% dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil ini membuktikan
bahwa sistem sesuai harapan dan kebutuhan pengguna, serta pengguna mau
merekomendasikan sistem ke pengguna lain.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Informatika D4 |
User ID Pengunggah: | Adelia Citra Utami |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 03:50 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 03:50 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/28023 |