PERANCANGAN DESAIN MARKETING COLLATERAL CAFE WHAT’S UP DAVE DEPOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI

2106421013, Erlangga Harya Pradipa (2025) PERANCANGAN DESAIN MARKETING COLLATERAL CAFE WHAT’S UP DAVE DEPOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul Pendahuluan dan Penutup)
Halaman Identitas Tugas Akhir.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Isi BAB 2 s.d. BAB 4] Text (Isi BAB 2 s.d. BAB 4)
Isi Tugas Akhir.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (5MB)

Abstrak

Seiring dengan perkembangan gaya hidup masyarakat, fungsi kafe tidak lagi terbatas sebagai tempat untuk menikmati makanan dan minuman saja, tetapi telah berkembang menjadi ruang alternatif yang dapat mendukung berbagai aktivitas sosial dan kegiatan produktif. Saat ini, banyak kalangan, seperti mahasiswa dan pekerja, memanfaatkan keberadaan kafe sebagai tempat untuk belajar, bekerja, berdiskusi, hingga mengadakan pertemuan. Cafe What’s Up Dave Depok merupakan salah satu kafe yang hadir menjawab kebutuhan tersebut dengan menyediakan beragam fasilitas penunjang seperti koneksi Wi-Fi gratis, steker listrik, dan layanan reservasi tempat untuk keperluan pertemuan, acara kecil, maupun kegiatan komunitas. Namun, fasilitas-fasilitas yang tersedia ini belum tersampaikan secara maksimal kepada pengunjung karena ketiadaan media promosi. Oleh karena itu, tugas akhir ini bertujuan untuk merancang media promosi dalam bentuk marketing collateral yang mampu menjembatani komunikasi antara kafe dan pelanggan secara visual. Proses perancangan dilakukan menggunakan metode design thinking yang terdiri dari lima tahapan, yakni empathize, define, ideate, prototype, dan test, serta didukung oleh hasil wawancara, kuesioner, observasi kompetitor, dan analisis SWOT. Hasil akhir dari perancangan ini menghasilkan media promosi cetak berupa katalog, brosur, x-banner, kartu nama, dan media digital berupa konten media sosial. Perancangan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman pengunjung terhadap fasilitas kafe, membangun citra brand, serta menarik lebih banyak pelanggan untuk berkunjung.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 700 Seni, seni rupa, kesenian
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital)
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: Erlangga Pradipa
Date Deposited: 18 Jul 2025 02:55
Last Modified: 18 Jul 2025 02:55
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/27942

Actions (login required)

View Item
View Item