2106421001, Devan Ainur Hakim (2025) PERANCANGAN DESAIN MARKETING COLLATERAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA MERCYS CAKE DAN COOKIES. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Identitas_Laporan_TA_Devan Ainur Hakim_2106421001_DG8A.pdf
Download (6MB)
![[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Isi_Laporan_TA_Devan Ainur Hakim_2106421001_DG8A.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (4MB)
Abstrak
Pesatnya pertumbuhan industri makanan dan minuman di Indonesia mendorong pelaku usaha untuk terus berinovasi dalam produk dan strategi promosi untuk menghadapi persaingan yang ketat. Salah satu pelaku usaha di bidang ini adalah MERCY’S, UMKM yang bergerak di industri makanan, khususnya kue basah dan kue kering premium. Meskipun dikenal memiliki kualitas produk yang tinggi, MERCY’S menghadapi tantangan dalam memperluas jangkauan pasar karena strategi promosinya selama ini hanya difokuskan pada momen musiman, sehingga belum memiliki promosi visual yang konsisten sepanjang tahun dan berdampak pada kurang optimalnya penjualan di luar periode musiman. Oleh karena itu, dilakukan perancangan marketing collateral yang efektif untuk mempromosikan produk dan memperkuat citra merek. Metode perancangan menggunakan pendekatan Mix Method, yaitu gabungan antara metode kualitatif dan kuantitatif yang mengacu pada teori Design Thinking yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu emphatize, define, ideate, prototype, dan test. Tahap pertama (emphatize) diawali dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, kuesioner, hingga studi literatur. Tahap kedua (define) data yang didapat kemudian dianalisis menggunakan SWOT dan dirumuskan menjadi arahan kreatif. Pada tahap tiga (ideate) ide dikembangkan melalui mindmap dan moodboard yang menghasilkan kata kunci seperti bunga, pita, mixer, dan premium, kemudian diwujudkan melalui sketsa, digitalisasi hingga menghasilkan desain komprehensif. Hasil perancangan ini mencakup banner, buku katalog, hangtag, greeting card, thank you card, serta konten media sosial dengan gaya visual elegan yang menggabungkan ilustrasi bergaya line art, penggunaan negative space, serta dominasi warna biru yang selaras dengan identitas MERCY’S. Dilanjut ke tahap empat (prototype) dengan membuat mockup cetak, yang kemudian digunakan pada tahap lima (testing) untuk menguji efektivitas desain secara langsung kepada target pengguna, umpan balik yang diperoleh dari tahap ini menjadi dasar untuk melakukan penyempurnaan sebelum desain akhir ditetapkan dan diproduksi secara penuh. Seluruh desain ini diharapkan mampu memperkuat konsistensi brand MERCY’S sekaligus mendukung promosi dan penjualan sepanjang tahun.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 700 Seni, seni rupa, kesenian 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif 700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital) |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4 |
User ID Pengunggah: | Devan Ainur Hakim |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 03:38 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 03:38 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/27935 |