PERANCANGAN DESAIN MARKETING COLLATERAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA BLIP KOPI

2106421010, Devan Adha Saputra (2025) PERANCANGAN DESAIN MARKETING COLLATERAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA BLIP KOPI. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
Isi_Laporan_TA_Devan_Adha_Saputra_DG8A.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (6MB)
[thumbnail of Judul, Pendahuluan & Penutup] Text (Judul, Pendahuluan & Penutup)
Halaman Identitas_Laporan_TA_Devan_Adha_Saputra_DG8A...pdf

Download (7MB)

Abstrak

Banyak anak muda membutuhkan alternatif tempat bekerja sebagai akibat dari meningkatnya tren bekerja dari mana saja (WFA) dan menjadi gaya hidup anak muda Saat ini coffee shop menjadi tempat alternatif dalam memenuhi kebutuhan masyarakat saat ini, sehingga jumlah kedai kopi di Indonesia secara masif telah meningkat, hal ini membuat persaingan coffee shop di Indonesia semakin ketat. Ditengah peluang usaha yang semakin ketat pada sektor coffee shop, “Blip Kopi” hadir menjadi coffee shop yang memiliki beberapa kelebihan untuk bertahan dari persaingan coffee shop di Indonesia. Tetapi, selama beroperasional “Blip Kopi” tidak mempunyai media promosi khususnya cetak yang menginformasikan kelebihannya tersebut dan belum konsisten mempromosikan ke media sosial instagram baik dari segi desain maupun konten, sehingga menyebabkan kesulitan dalam menarik pelanggan dan penurunan penjualan selama beberapa bulan terakhir. Pengumpulan data yang dilakukan pada perancangan ini adalah mix method yang terdiri dari metode kualitatif dan kuantitatif melalui wawancara, kuesioner, observasi, dan studi literatur. Perancangan dilakukan dengan menggunakan metode riset design thinking yang terdiri dari emphatize, define, ideate, prototype, dan test. Hasil data diolah dengan analisis SWOT, dan Creative Brief. Tahapan mind mapping dan moodboard sebagai proses untuk mendapatkan kata kunci Bold Minimalist, Clean, Alat Musik, dan Kartu. Dilanjutkan ke proses sketsa, digitalisasi desain komprehensif, dan final desain. Selanjutnya ditampilkan dalam bentuk mockup sebagai prototype untuk tahap testing kepada konsumen. Hasil dari perancangan ini berupa Poster, Buku Menu, Tripod Banner, Brosur dan Desain Feeds Sosial Media. Media ini diharapkan dapat meningkatkan visibilitas brand serta meningkatkan penjualan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 700 Seni, seni rupa, kesenian
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital)
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: Devan Adha Saputra
Date Deposited: 18 Jul 2025 08:27
Last Modified: 18 Jul 2025 08:27
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/27928

Actions (login required)

View Item
View Item