PERANCANGAN ASET VISUAL 3D PADA GAME EDUKASI TENTANG PUBERTAS UNTUK SMPN 186 JAKARTA BERBASIS THIRD PERSON CAMERA

2107431030, Natanael Aryo Bimo Singgih (2025) PERANCANGAN ASET VISUAL 3D PADA GAME EDUKASI TENTANG PUBERTAS UNTUK SMPN 186 JAKARTA BERBASIS THIRD PERSON CAMERA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
Halaman Pengesahan, Bab 1, dan Bab 5.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sampai Bab 4] Text (Isi Bab 2 sampai Bab 4)
Isi Bab 2 - Bab 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Manuskrip Jurnal Multinetics] Text (Manuskrip Jurnal Multinetics)
MULTINETICS_Natanael Aryo Bimo Singgih.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (921kB)

Abstrak

Pubertas merupakan fase krusial dalam perkembangan remaja yang ditandai dengan berbagai perubahan fisik, psikologis, dan sosial. Kurangnya pemahaman mengenai masa pubertas dapat menyebabkan kebingungan, kecemasan, serta ketidaksiapan siswa dalam menghadapi perubahan tersebut. Berdasarkan hasil observasi dengan siswa kelas VII dan wawancara di SMP Negeri 186 Jakarta, ditemukan bahwa siswa kelas VII masih minim dalam memperoleh informasi edukatif terkait pubertas, yang disebabkan oleh terbatasnya materi pembelajaran dan kurangnya penyuluhan yang efektif. Menanggapi hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aset-aset visual seperti aset 3D dan desain antarmuka guna meningkatkan pemahaman siswa mengenai pubertas secara lebih interaktif dan menarik. Proses pengembangan game menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang meliputi enam tahap. Aset 3D berupa karakter siswa laki-laki dan perempuan, lingkungan sekolah, serta objek pendukung lainnya dirancang menggunakan Blender, sedangkan desain antarmuka dibuat dengan Adobe Illustrator. Seluruh elemen tersebut kemudian diimplementasikan dalam Unity Engine untuk membentuk sebuah game edukasi berbasis third person view. Hasil pengujian alpha dan beta menunjukkan bahwa game ini dinilai layak dan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pubertas. Dengan demikian, game edukasi 3D ini diharapkan dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang efektif, menyenangkan, dan relevan bagi remaja dalam memahami masa pubertas.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital)
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Natanael Aryo Bimo Singgih
Date Deposited: 17 Jul 2025 03:29
Last Modified: 17 Jul 2025 03:29
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/27756

Actions (login required)

View Item
View Item