2106411045, Raihan Thoriq Ramadhan (2025) PENGEMBANGAN KEMASAN SUNSCREEN BERDASARKAN PREFERENSI KONSUMEN MENGGUNAKAN METODE KANSEI ENGINEERING DAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
![[thumbnail of Halaman Identitas Bab 1-5.pdf]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Identitas Bab 1-5.pdf
Download (6MB)
![[thumbnail of Bab 2-4.pdf]](https://repository.pnj.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 2-4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (2MB)
Abstrak
Industri perawatan kulit di Indonesia mengalami pertumbuhan signifikan, khususnya pada produk sunscreen yang menunjukkan peningkatan permintaan akibat meningkatnya kesadaran akan perlindungan kulit dari sinar ultraviolet (UV). Namun, homogenitas desain kemasan di pasar membuat banyak produk sulit menonjol. Penelitian ini mengkaji pengembangan kemasan sunscreen merek XYZ menggunakan pendekatan Kansei Engineering (KE) dan Quality Function Deployment (QFD) untuk merespons kebutuhan emosional dan fungsional konsumen.
Metodologi yang digunakan melibatkan pengumpulan data persepsi konsumen melalui survei dan wawancara, diikuti dengan identifikasi dan reduksi kata-kata Kansei. Dari 53 kata awal, disaring menjadi 9 kata Kansei yang valid dan reliabel, seperti “praktis”, “informatif”, dan “youthful”. Kata-kata ini kemudian menjadi Voice of Customer (VoC) yang diterjemahkan ke dalam atribut teknis menggunakan matriks House of Quality (HoQ). Hasilnya digunakan untuk merancang desain kemasan mock-up 3D yang lebih sesuai dengan preferensi konsumen.Penelitian ini menghasilkan rekomendasi desain kemasan dengan prioritas atribut teknis yang mendukung aspek visual, ergonomis, dan keberfungsian. Desain akhir menggabungkan botol pipih ergonomis, tutup pump, ilustrasi matahari, serta warna cerah dan atraktif.
Kesimpulan menunjukkan bahwa pendekatan KE dan QFD efektif dalam menerjemahkan persepsi emosional ke dalam spesifikasi teknis desain kemasan yang terukur. Hasil desain dinilai lebih menarik, praktis, dan sesuai dengan gaya hidup pengguna Indonesia saat ini. Penelitian ini bermanfaat sebagai referensi dalam inovasi desain kemasan produk kosmetik berbasis preferensi pengguna. Fungsinya membantu perusahaan memahami dan mengintegrasikan kebutuhan konsumen ke dalam desain produk secara sistematis. Secara praktis, pendekatan ini dapat digunakan dalam berbagai konteks pengembangan produk lain.
Kata kunci: Desain Kemasan, Kansei Engineering, Quality Function Deployment (QFD), Sunscreen.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Grafika dan Penerbitan > Teknologi Industri Cetak Kemasan D4 |
User ID Pengunggah: | RAIHAN THORIQ RAMADHAN |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 07:55 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 07:55 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/27414 |