Rancang Bangun Sistem Informasi Hak Kekayaan Intelektual Dengan Integrasi Chatbot berbasis Large Language Model

Salsabila, Sashi Kirana (2025) Rancang Bangun Sistem Informasi Hak Kekayaan Intelektual Dengan Integrasi Chatbot berbasis Large Language Model. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman identitas dokumen skripsi] Text (Halaman identitas dokumen skripsi)
Halaman Identitas Skripsi_Sashi.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi] Text (BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi)
bab 2 s.d bab 4 skripsi sashi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Manuskrip artikel ilmiah] Text (Manuskrip artikel ilmiah)
Jurnal-Sashi.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (474kB) | Request a copy

Abstrak

Politeknik Negeri Jakarta mengalami peningkatan jumlah Hak Kekayaan
Intelektual (HAKI). Namun, pengelolaan HAKI saat ini masih dilakukan
secara manual, menyebabkan inefisiensi dan kendala komunikasi antara
pemohon dan admin pengelola. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan sistem informasi berbasis web yang terintegrasi dengan
chatbot berbasis Large Language Model (LLM) untuk mengatasi
permasalahan tersebut. Sistem yang diusulkan mencakup fitur pendaftaran
HAKI, manajemen data, serta integrasi chatbot yang memanfaatkan
pendekatan Retrieval-Augmented Generation (RAG) untuk memberikan
jawaban berbasis dokumen referensi HAKI.
Model chatbot diuji menggunakan 30 pertanyaan berbasis domain HAKI,
dengan evaluasi berbasis BLEU, ROUGE-L, dan relevansi kata kunci. Hasil
pengujian menunjukkan bahwa chatbot mampu memberikan jawaban yang
relevan terhadap konteks, meskipun tidak menggunakan fine-tuning khusus
pada model. Hal ini dimungkinkan karena pendekatan RAG memungkinkan
pemisahan antara penalaran bahasa alami dan sumber informasi, sehingga
lebih fleksibel dan hemat sumber daya. Pengujian Explainable AI dengan
metode LIME menunjukkan bahwa model memperhatikan kata-kata penting
dalam pertanyaan, meningkatkan transparansi sistem.
Sistem juga diuji melalui User Acceptance Test (UAT) terhadap sembilan
skenario utama, dengan tingkat keberhasilan mencapai 88,9%. Hasil ini
menunjukkan bahwa sistem layak digunakan dengan perbaikan minor pada
fitur unggah dokumen besar. Dengan demikian, sistem ini tidak hanya
mendukung efisiensi operasional tetapi juga menjadi solusi cerdas dalam
pengelolaan dan pelayanan HAKI di lingkungan kampus.
Kata Kunci: Hak Kekayaan Intelektual, Chatbot, Large Language Model,
Retrieval-Augmented Generation, Explainable AI, Web CRUD, User
Acceptance Test.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Informatika D4
User ID Pengunggah: sashi kirana salsabila
Date Deposited: 15 Jul 2025 03:16
Last Modified: 15 Jul 2025 03:16
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/27373

Actions (login required)

View Item
View Item