PENGARUH DEBT ATTITUDE, PEER INFLUENCE DAN HEDONISME TERHADAP BAD DEBT BEHAVIOR PADA PENGGUNA PEER TO PEER LENDING

2104441023, Ervina Winata Sunjaya (2025) PENGARUH DEBT ATTITUDE, PEER INFLUENCE DAN HEDONISME TERHADAP BAD DEBT BEHAVIOR PADA PENGGUNA PEER TO PEER LENDING. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Identitas Skripsi] Text (Identitas Skripsi)
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (919kB)
[thumbnail of Isi] Text (Isi)
Isi Skripsi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (895kB)

Abstrak

Penelitian ini menganalisis pengaruh Debt Attitude, Peer Influence, dan Hedonisme terhadap Bad Debt Behavior pada pengguna Peer to Peer Lending. Peningkatan bad debt behavior pada pengguna layanan Peer to Peer Lending menjadi perhatian, tercermin dari data OJK November 2024 yang menunjukkan sekitar 15% pinjaman P2P lending bermasalah dengan tunggakan Rp 10.384,88 miliar. Kelompok usia 19- 34 tahun memiliki proporsi tertinggi dalam pinjaman bermasalah, dan pengeluaran masyarakat Indonesia didominasi gaya hidup hedonistik. Pendekatan kuantitatif
digunakan dengan purposive sampling pada 133 responden, difokuskan pada pengguna P2P lending berusia 19-34 tahun. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner daring menggunakan skala Likert. Analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Squares (PLS) dengan SmartPLS versi 4. Hasilnya menunjukkan bahwa Debt Attitude berpengaruh positif dan signifikan terhadap Bad Debt Behavior. Hedonisme juga memiliki pengaruh positif dan sangat signifikan terhadap Bad Debt Behavior. Namun, Peer Influence tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Bad Debt Behavior.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Manajemen Keuangan D4
User ID Pengunggah: Ervina Winata Sunjaya
Date Deposited: 15 Jul 2025 05:09
Last Modified: 15 Jul 2025 05:09
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/27273

Actions (login required)

View Item
View Item