PERANCANGAN DESAIN ANTARMUKA SELF-SERVICE KIOSK DI PERCETAKAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING: STUDI KASUS PT. XYZ

2106311009, Elvan Putra Pratama Ramanovanda (2025) PERANCANGAN DESAIN ANTARMUKA SELF-SERVICE KIOSK DI PERCETAKAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING: STUDI KASUS PT. XYZ. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of HALAMAN IDENTITAS SKRIPSI - ELVAN PUTRA PRATAMA R] Text (HALAMAN IDENTITAS SKRIPSI - ELVAN PUTRA PRATAMA R)
1_IDENTITAS SKRIPSI_BAB 1 & BAB 5_ELVAN PUTRA PRATAMA R_REPOSITORY WMC1.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of ISI SKRIPSI - ELVAN PUTRA PRATAMA R] Text (ISI SKRIPSI - ELVAN PUTRA PRATAMA R)
2_ISI SKRIPSI_BAB 2 - BAB 4_ELVAN PUTRA PRATAMA R_REPOSITORY WMC.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Efisiensi dan kualitas layanan merupakan elemen krusial dalam industri percetakan modern. Menghadapi tantangan operasional seperti antrean panjang, potensi miskomunikasi spesifikasi teknis, dan inefisiensi proses manual, perusahaan percetakan dituntut untuk berinovasi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah desain antarmuka (UI) dan pengalaman pengguna (UX) yang efektif dan intuitif untuk aplikasi self-service kiosk (kios swalayan) di PT. XYZ. Permasalahan utama yang dihadapi adalah ketergantungan pada interaksi manual yang menghambat kecepatan layanan serta berisiko menimbulkan kesalahan kalkulasi dan produksi. Penelitian ini menggunakan metodologi Design Thinking yang berpusat pada pengguna, melalui lima tahapan sistematis: Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Proses ini mengidentifikasi kebutuhan dan kesulitan (pain points) pengguna (pelanggan dan staf) yang kemudian diterjemahkan menjadi solusi berupa prototipe interaktif berfidelitas tinggi (high-fidelity). Fungsionalitas prototipe mencakup alur pemesanan lengkap, mulai dari pemilihan produk, kustomisasi spesifikasi, hingga konfirmasi pesanan. Evaluasi kebergunaan (usability) dilakukan secara kuantitatif melalui pengujian kepada 10 responden yang sesuai dengan persona pengguna menggunakan metode System Usability Scale (SUS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain antarmuka yang diusulkan sangat dapat diterima, dengan perolehan skor SUS rata-rata 81,25, yang tergolong dalam kategori "Excellent". Penelitian ini memberikan kontribusi berupa rancangan sistem teruji yang berpotensi besar untuk meningkatkan efisiensi layanan, mengurangi kesalahan manusia, dan meningkatkan kepuasan pelanggan secara signifikan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 650 Manajemen dan layanan tambahan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 651 Layanan kantor
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 680 Manufaktur untuk penggunaan khusus > 686 Produksi percetakan dan aktivitas terkait
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Teknologi Rekayasa Cetak dan Grafis 3 Dimensi D4
User ID Pengunggah: Elvan Ramanovanda
Date Deposited: 10 Jul 2025 03:22
Last Modified: 10 Jul 2025 03:22
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/26809

Actions (login required)

View Item
View Item