PENGEMBANGAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM DI PT DUA EMPAT TUJUH: RANCANG BANGUN PLUGIN REELS DENGAN ANALYTICS, STUDENT MANAGEMENT DAN IMPLEMENTASI CHATBOT BERBASIS WEB

2107412026, Paslian Sahat Rafael (2025) PENGEMBANGAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM DI PT DUA EMPAT TUJUH: RANCANG BANGUN PLUGIN REELS DENGAN ANALYTICS, STUDENT MANAGEMENT DAN IMPLEMENTASI CHATBOT BERBASIS WEB. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5).pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d 4))
Isi (Bab 2 sd 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal).pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (630kB)

Abstrak

PT Dua Empat Tujuh menghadapi kendala dalam pelaksanaan workshop Big Data & AI akibat keterbatasan waktu penyampaian materi, baik secara daring maupun luring. Untuk mengatasi permasalahan ini, dikembangkan DataLearns, sebuah Learning Management System (LMS) yang awalnya berbasis CMS Drupal. Namun, penggunaan Drupal mengalami kendala dalam kompatibilitas modul akibat pembaruan versi yang berkelanjutan. Oleh karena itu, LMS ini dikembangkan kembali menggunakan WordPress, yang lebih fleksibel dan efisien. Proyek LMS ini sebelumnya telah dikerjakan oleh penulis saat melaksanakan kegiatan magang. Penulis kemudian melanjutkan pengembangan berdasarkan pengalaman tersebut karena merasa masih terdapat kekurangan dalam sistem LMS yang ada. Penelitian ini berfokus pada pengembangan fitur Student Management, Reels berbasis microlearning, dan chatbot berbasis knowledge untuk meningkatkan keterlibatan peserta serta efektivitas pembelajaran di DataLearns. Hasil pengujian menggunakan metode Black Box menunjukkan bahwa seluruh fungsionalitas utama berjalan sesuai dengan spesifikasi yang ditetapkan, dengan tingkat keberhasilan mencapai 100 persen. Selain itu, evaluasi menggunakan metode System Usability Scale (SUS) menghasilkan skor 81,5, yang termasuk dalam kategori “AccepTabel”, memperoleh Grade A, dan berada pada tingkat adjective rating “Excellent”. Jika ditinjau dari perspektif Net Promoter Score (NPS), skor ini mengindikasikan bahwa sebagian besar pengguna merasa puas dan cenderung akan merekomendasikan sistem ini kepada pengguna lainnya. Capaian ini menunjukkan bahwa sistem tidak hanya memenuhi kebutuhan fungsional, tetapi juga memiliki tingkat keterpakaian dan kepuasan pengguna yang tinggi.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Informatika D4
User ID Pengunggah: Unnamed user with email paslian.sahat.rafael.tik21@mhsw.pnj.ac.id
Date Deposited: 09 Jul 2025 05:30
Last Modified: 09 Jul 2025 05:30
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/26695

Actions (login required)

View Item
View Item