PENGARUH PRIVACY DAN TRUST TERHADAP BEHAVIORAL INTENTION KONSUMEN TOKOPEDIA (Studi Kasus pada Konsumen Tokopedia Jakarta)

4517030055, Bella Intania Aryanto (2021) PENGARUH PRIVACY DAN TRUST TERHADAP BEHAVIORAL INTENTION KONSUMEN TOKOPEDIA (Studi Kasus pada Konsumen Tokopedia Jakarta). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
Halaman Identitas Skripsi_Bella Intania Aryanto_ABT8A_4517030055_2021.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Bab 2 sd Bab 4] Text (Bab 2 sd Bab 4)
Isi Skripsi_Bella Intania Aryanto_ABT8A_4517030055_2021-22-101.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Manuskrip Artikel Ilmiah_Bella Intania_ABT8A_4517030055_2021.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (2MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah terdapat pengaruh secara parsial dan simultan antara privacy dan trust terhadap behavioral intention pada konsumen Tokopedia Jakarta. Selain itu, penelitian ini diharapkan menjadi bahan pertimbangan bagi e-commerce Tokopedia dalam memperhatikan privacy serta trust konsumen Tokopedia. Dengan demikian, rendahnya behavioral intention konsumen tokopedia untuk berbelanja di Tokopedia dapat diminimalisasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini termasuk penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif, serta jumlah populasi yang tidak diketahui secara pasti jumlahnya dan dengan perhitungan sampel menggunakan rumus menurut Riduwan sehingga jumlah sampel sebanyak 385 responden. Dalam teknik pengambilan sampel, yang menggunakan purposive sampling. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas, sedangkan metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi R², uji T, dan uji F. Pengolahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan software SPSS versi 22.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persamaan regresi pada penelitian ini menunjukkan Y = 9,106 + 0,003 (X1) + 0,865 (X2) sudah layak digunakan. Berdasarkan hasil korelasi secara parsial variabel privacy (X1) tidak memberikan pengaruh terhadap behavioral intention (Y) sebesar 36,12%, sedangkan variabel trust memberikan pengaruh terhadap behavioral intention (Y) sebesar 64,16%. Berdasarkan hasil analisis koefisien determinasi R² sebesar 64,2% behavioral intention dipengaruhi oleh privacy dan trust sedangkan sisanya sebesar 35,8% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak dibahas pada penelitian ini seperti perceived ease of use, utilitarian value, hedonic value dan lain sebagainya. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh privacy dan trust terhadap behavioral intention secara simultan (Uji F), namun tidak ada pengaruh antara privacy terhadap behavioral intention secara parsial (Uji T) berdasarkan uji hipotesis.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 381 Perdagangan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4
User ID Pengunggah: Bella Intania Aryanto
Date Deposited: 28 Sep 2021 02:56
Last Modified: 28 Sep 2021 02:56
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/2469

Actions (login required)

View Item
View Item