ANALISIS PENGARUH EDUKASI PASAR MODAL DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI (STUDI PADA GENERASI MILENIAL USIA 18-34 TAHUN DI JAWA BARAT)

4417070029, Icha Julyana Bella Permata (2021) ANALISIS PENGARUH EDUKASI PASAR MODAL DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI (STUDI PADA GENERASI MILENIAL USIA 18-34 TAHUN DI JAWA BARAT). Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Dokumen Skripsi] Text (Halaman Identitas Dokumen Skripsi)
HALAMAN IDENTITAS SKRIPSI - Icha Julyana.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi] Text (BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi)
ISI SKRIPSI (BAB 2&4) - Icha Julyana.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah)
ARTIKEL SKRIPSI_ICHA JULYANA_MK8B.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (481kB)

Abstrak

Sejak tahun 2019 jumlah investor individu pasar modal terus mengalami peningkatan yang besar. Adapun paling banyak investor individu merupakan mereka yang termasuk dalam kategori usia generasi milenial. Peningkatan jumlah investor gnerasi milenial ini disebabkan oleh digitalisasi pasar modal. Selain itu, peningkatan ini juga terjadi karena adanya media sosial yang terus berkembang untuk menyebarkan berbagai informasi, termasuk pasar modal. Menyadari hal ini, Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan digitalisasi edukasi dan sosialisasi pasar modal agar lebih dekat dengan generasi milenial sebagai pemain utama di pasar modal. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah edukasi pasar modal dan media sosial berpengaruh terhadap keputuan investasi generasi milenial, khususnya di Jawa Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan uji regresi linear bergandan dengan bantuan program SPSS. Data di dapatkan dari kuesioner yang disebarkan secara online dan diisi oleh 130 responden generasi milenial yang berusia 18 sampai 34 Tahun di Jawa Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, variabel edukasi pasar modal memiliki pengaruh terhadap keputusan investasi, sedangkan variabel media sosial tidak berpengaruh terhadap keputusan investasi. Tetapi, secara bersama-sama edukasi pasar modal dan media sosial berpengaruh terhadap keputusan investasi.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Manajemen Keuangan D4
User ID Pengunggah: Icha Julyana Bella Permata
Date Deposited: 14 Sep 2021 06:28
Last Modified: 14 Sep 2021 06:28
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/2468

Actions (login required)

View Item
View Item