PERSEPSI RISIKO DAN PERILAKU KONSUMTIF KONSUMEN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN SPAYLATER

2004421008, Aly Mahbubi (2024) PERSEPSI RISIKO DAN PERILAKU KONSUMTIF KONSUMEN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN SPAYLATER. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas, Pembukaan, Bab 1 & 5] Text (Bagian Identitas, Pembukaan, Bab 1 & 5)
2004421008_Aly_Mahbubi_BKT_8b_Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bagian Isi Bab 2-4] Text (Bagian Isi Bab 2-4)
2004421008_Aly_Mahbubi_BKT_8b_Isi Bab 2-4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskripsi Artikel Ilmiah] Text (Manuskripsi Artikel Ilmiah)
Artikel SNAM - Aly Mahbubi (1).pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (1MB)

Abstrak

Pada platfrom e-commerce terutama pada penggunaan aplikasi Shopee dengan fitur
paylater yaitu SpayLater yang terus meningkat, dikarenakan adanya kemudahan
dalam penggunaan serta proses registrasi yang cepat dan mudah, sehingga
menimbulkan adanya persepsi risiko dan perilaku konsumtif jika digunakan secara
berlebihan, seperti akumulasi utang yang terus bertambah dan selalu mengikuti
hasrat semata. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui adanya persepsi
risiko dan perilaku konsumtif terhadap penggunaan SpayLater, Adanya beberapa
indikator dalam persepsi risiko, seperti; Perceived Financial Risk, Perceived
Privacy Risk, Perceived Performance Risk, Perceived Psychological Risk, dan
Perceived Time Risk terhadap minat menggunakan SpayLater,dan juga terdapat 3
indikator pada perilaku konsumtif yaitu; Impulsive Buying, Wasteful Buying dan
Rational Buying. Penelitian ini menggunakan data primer yang didapatkan dengan
cara menyebarkan kuisioner kepada 100 responden yang menggunakan SpayLater
yang ada pada fitur Shopee, dengan menggunakan teknik purposive sampling.
Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi linier
berganda dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 26.0. Hasil penelitian ini
menunjukan bahwa adanya variabel persepsi risiko tidak berpengaruh terhadap
minat menggunakan SpayLater dan untuk variabel perilaku konsumtif dapat
berpengaruh positif terhadap minat menggunakan SpayLater dari beberapa
pernyataan kuisioner

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan D4
User ID Pengunggah: Aly Mahbubi
Date Deposited: 10 Sep 2024 03:28
Last Modified: 12 Sep 2024 00:50
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/22139

Actions (login required)

View Item
View Item