RANCANG BANGUN TIMBANGAN BADUTA DAN BALITA DI POSYANDU BEJI BERBASIS APLIKASI ANDROID

2103332029, Fitra Ramdhani (2024) RANCANG BANGUN TIMBANGAN BADUTA DAN BALITA DI POSYANDU BEJI BERBASIS APLIKASI ANDROID. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Pendahuluan] Text (Pendahuluan)
Halaman Identitas dan Pembukaan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi] Text (Isi)
Bab II dan IV.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)

Abstrak

Proyek ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan alat pengukur tinggi badan dan massa tubuh yang ditujukan untuk balita dan baduta di Posyandu. Alat ini menggunakan mikrokontroler Arduino Mega sebagai pusat kendali, serta sensor Ping Parallax untuk mengukur tinggi badan dan sensor load cell HX711 untuk mengukur berat badan. Data yang diperoleh kemudian dihitung untuk mendapatkan indeks massa tubuh (IMT) secara otomatis, yang dikirimkan ke database menggunakan modul SIM7600G-H 4G LTE. Pengembangan alat ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk menyediakan solusi yang praktis dan otomatis di Posyandu, sehingga pengukuran tinggi badan dan massa tubuh dapat dilakukan dengan lebih cepat dan akurat. Penelitian ini juga menguji akurasi dari sensor yang digunakan serta kehandalan sistem dalam mengirim data secara nirkabel. Hasil pengujian menunjukkan bahwa alat ini mampu mengukur tinggi badan dan massa tubuh dengan tingkat akurasi, serta dapat mengunggah data ke database secara efektif melalui koneksi 4G. Sistem yang dibangun memiliki akurasi 94% untuk berat badan dan untuk tinggi badan memiliki akurasi 100%, kelebihan lain dari sistem ini yaitu data ini dapat diakses oleh pengguna dan petugas pada aplikasi masing masing.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Telekomunikasi D3
User ID Pengunggah: D3 Fitra Ramdhani
Date Deposited: 03 Sep 2024 06:41
Last Modified: 03 Sep 2024 06:41
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21859

Actions (login required)

View Item
View Item