RANCANG BANGUN SISTEM UNTUK BUDIDAYA MAGGOT BERBASIS ANDROID

2103332064, Dwitio Ahmad Pranoto (2024) RANCANG BANGUN SISTEM UNTUK BUDIDAYA MAGGOT BERBASIS ANDROID. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Awal dan Penutup.pdf] Text
Halaman Awal dan Penutup.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB2 sampai BAB4.pdf] Text
BAB2 sampai BAB4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)
[thumbnail of Manuskrip.pdf] Text
Manuskrip.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (1MB)

Abstrak

Dalam era modern ini, pengelolaan sampah organik menjadi salah satu tantangan utama yang dihadapi oleh masyarakat. Maggot black soldier fly (BSF) telah diidentifikasi sebagai solusi potensial dalam mengatasi masalah ini melalui proses biokonversi sampah organik menjadi bahan bernilai tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem budidaya maggot berbasis Android yang memanfaatkan teknologi modern untuk meningkatkan efektivitas proses budidaya. Sistem yang dibuat terdiri dari aplikasi Android dengan integrasi ESP32 yang memungkinkan pengguna untuk memantau dan mengelola budidaya maggot secara real-time. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur-fitur seperti pengaturan suhu dan kelembaban, pemberian pakan otomatis, serta pengusir hama yang dapat mengganggu pertumbuhan maggot. Hasil pengujian menunjukkan bahwa semua fitur dalam aplikasi berfungsi dengan baik. Aplikasi berhasil menampilkan sisa cadangan makanan, mengaktifkan alat pemberi pakan otomatis, mengontrol suhu dan kelembaban ruang budidaya dan boks maggot BSF, serta mengaktifkan alat pengusir hama. Pembacaan sensor suhu, sensor ultrasonik, dan sensor PIR ditampilkan secara real-time melalui database firebase. Selain itu, hasil perhitungan QoS mencatat throughput sebesar 17,56 KB/s, packet loss sebesar 0,139%, dan delay sebesar 100,393 ms, yang menunjukkan koneksi real-time antara aplikasi dan mikrokontroler berjalan dengan sangat baik.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Telekomunikasi D3
User ID Pengunggah: Dwitio Ahmad Pranoto
Date Deposited: 03 Sep 2024 01:01
Last Modified: 03 Sep 2024 01:01
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21778

Actions (login required)

View Item
View Item