RANCANG BANGUN SISTEM PENGENDALI KURSI RODA OTOMATIS MENGGUNAKAN VOICE SPEECH DAN MONITORING LOKASI BERBASIS ANDROID

2103332062, Rifat Handistira (2024) RANCANG BANGUN SISTEM PENGENDALI KURSI RODA OTOMATIS MENGGUNAKAN VOICE SPEECH DAN MONITORING LOKASI BERBASIS ANDROID. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas] Text (Halaman Identitas)
Halaman Identitas.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Isi.pdf] Text
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Aplikasi Android "Sistem Pengendalian Kursi Roda Otomatis Menggunakan Suara Ucapan dan Pemantauan Lokasi Berbasis Android" dirancang untuk meningkatkan mobilitas dan kemandirian pengguna kursi roda. Aplikasi ini memungkinkan pengguna mengontrol kursi roda dengan perintah suara dan melacak lokasinya secara real-time menggunakan teknologi GPS. Dengan mengintegrasikan mikrokontroler ESP32, relay 12V, dan modul GPS Neo V6, sistem ini menawarkan solusi yang efisien dan mudah digunakan.Pengguna dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk memilih fitur "kontrol kursi roda", di mana mereka dapat memberikan instruksi suara untuk menggerakkan kursi roda. Perintah suara ini akan diterjemahkan oleh aplikasi untuk mengaktifkan relay, yang kemudian menyalakan Motor DC pada kursi roda. Dengan demikian, pengguna dapat mengendalikan pergerakan kursi roda tanpa memerlukan bantuan fisik langsung, yang meningkatkan kemandirian mereka dalam menjalani aktivitas sehari-hari.Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur pemantauan lokasi berbasis GPS. Modul GPS yang terhubung ke kursi roda memungkinkan pengguna dan pihak terkait untuk memantau posisi kursi roda secara real-time melalui aplikasi. Fitur ini sangat berguna untuk memastikan keamanan pengguna, terutama bagi mereka yang mungkin rentan terhadap situasi darurat. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan platform Kodular, yang memungkinkan integrasi fungsi-fungsi kompleks dengan antarmuka pengguna yang sederhana dan mudah digunakan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Telekomunikasi D3
User ID Pengunggah: Rifat Handistira
Date Deposited: 02 Sep 2024 13:37
Last Modified: 02 Sep 2024 13:37
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21765

Actions (login required)

View Item
View Item