RANCANG BANGUN IDS MENGGUNAKAN APLIKASI ZEEK UNTUK MENDETEKSI SERANGAN JARINGAN DAN MALWARE REMOTE ACCESS TROJAN

2007422002, Latief Mulyarahim (2024) RANCANG BANGUN IDS MENGGUNAKAN APLIKASI ZEEK UNTUK MENDETEKSI SERANGAN JARINGAN DAN MALWARE REMOTE ACCESS TROJAN. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas_Bab1 & Bab5] Text (Halaman Identitas_Bab1 & Bab5)
Skripsi_Latief Mulyarahim_Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 2 - Bab 4] Text (Bab 2 - Bab 4)
Latief Mulyarahim_Skripsi1_bab2-bab4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Jurnal Ilmiah] Text (Jurnal Ilmiah)
Jurnal_Latief Mulyarahim.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (459kB)

Abstrak

Perkembangan pesat teknologi internet membawa dampak positif namun juga menghadirkan ancaman keamanan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem Intrusion Detection System (IDS) menggunakan Zeek untuk mendeteksi serangan jaringan dan malware, serta mengirim notifikasi otomatis melalui Telegram. Pengujian ini dilakukan dengan 3 jenis serangan, yaitu Port Scanning, DDoS , dan malware Remote Access Trojan. Hasil menunjukkan bahwa IDS Zeek mampu mendeteksi ketiga jenis serangan tersebut dengan tingkat keberhasilan 100% dalam 10 kali pengujian. Zeek berhasil mencatat serangan dalam notice.log dan mengirimkan notifikasi melalui Telegram, memungkinkan tim keamanan merespons secara cepat. Waktu rata-rata yang dibutuhkan untuk mendeteksi dan mengirim notifikasi adalah 4.80 detik untuk Port Scanning, 3.978 detik untuk DDoS, dan 1.832 detik untuk malware Remote Access Trojan. Dengan hasil ini, Zeek menunjukkan tingkat efektivitas tinggi dan responsivitas yang baik, serta penelitian ini berpotensi dapat dikembangkan lebih lanjut untuk menghadapi berbagai jenis ancaman keamanan jaringan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia dan Jaringan D4
User ID Pengunggah: Latief Mulyarahim
Date Deposited: 02 Sep 2024 07:26
Last Modified: 02 Sep 2024 07:26
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21714

Actions (login required)

View Item
View Item