RANCANG BANGUN ALAT PENDETEKSI LOGAM PADA PINTU STADION MENGGUNAKAN LORA BERBASIS TELEGRAM

2103332084, Reza Putra Andhira (2024) RANCANG BANGUN ALAT PENDETEKSI LOGAM PADA PINTU STADION MENGGUNAKAN LORA BERBASIS TELEGRAM. D3 thesis, POLITEKNIK NEGERI JAKARTA.

[thumbnail of Isi.pdf] Text
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Halaman Identitas Tugas Akhir.pdf] Text
Halaman Identitas Tugas Akhir.pdf

Download (4MB)

Abstrak

Keamanan di stadion merupakan aspek yang sangat penting, terutama pada acara-acara besar yang melibatkan banyak orang. Kerentanan stadion akan kerusuhan seringkali terjadi di setiap jalannya pertandingan. Untuk meningkatkan sistem keamanan, diperlukan alat deteksi logam yang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun alat walkthrough metal detector yang memanfaatkan teknologi LoRa untuk komunikasi data dan Telegram sebagai platform notifikasi. Alat ini dirancang menggunakan ESP32-CAM sebagai pengendali utama yang terhubung dengan sensor deteksi logam, modul LoRa, motor servo, dan Arduino Nano. Data dari sensor dikirimkan melalui jaringan LoRa ke pusat pemantauan dan diteruskan ke aplikasi Telegram yang telah disiapkan untuk petugas keamanan. Pengujian teknologi LoRa menunjukkan bahwa sinyal terdeteksi sangat baik pada kondisi RSSI ≥ -70 dBm, baik pada rentang -70 dBm hingga -85 dBm, cukup pada rentang -86 dBm hingga -100 dBm, dan sangat buruk pada RSSI < -110 dBm.Dengan integrasi ini, diharapkan alat deteksi logam dapat memberikan informasi secara real-time kepada petugas keamanan, sehingga dapat meningkatkan responsivitas dan keamanan di stadion. Hasil pengujian menunjukkan bahwa alat ini mampu mendeteksi keberadaan logam dengan akurasi tinggi dan mengirimkan notifikasi secara cepat melalui Telegram, sehingga memudahkan pengawasan dan tindakan keamanan lebih lanjut.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Telekomunikasi D3
User ID Pengunggah: D-3 Reza Putra Andhira
Date Deposited: 03 Sep 2024 06:43
Last Modified: 03 Sep 2024 06:43
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21691

Actions (login required)

View Item
View Item