PENGARUH SERTIFIKASI HALAL, KESADARAN HALAL DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN HALAL (STUDI KASUS MASYARAKAT MUSLIM DKI JAKARTA)

2004411019, Mutiah (2024) PENGARUH SERTIFIKASI HALAL, KESADARAN HALAL DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN HALAL (STUDI KASUS MASYARAKAT MUSLIM DKI JAKARTA). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
Mutiah_BS8B_Halaman Identitas (Bab 1 dan 5).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi bab 2 sampai dengan bab 4] Text (Isi bab 2 sampai dengan bab 4)
Mutiah_BS8B_Bab 2-4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (666kB)
[thumbnail of Artikel Ilmiah] Text (Artikel Ilmiah)
Mutiah_BS8B_SNAM.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (341kB)

Abstrak

DKI Jakarta dianggap sebagai pusat ekonomi nasional yang mayoritas penduduknya memiliki kebutuhan yang tinggi terhadap produk dan layanan halal. Penelitian ini dilakukan untuk mengalisis sertifikasi halal, kesadaran halal dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk makanan halal di DKI Jakarta. Penelitian ini melibatkan masyarakat muslim di DKI Jakarta yang berusia 17-40 tahun dan memiliki pengetahuan tentang produk makanan halal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang di kuantitatifkan dalam menganalisis data menggunakan pendekatan Partial Least Square-Structural Equation Model (PLSSEM) dengan perangkat lunak SmartPLS 3.0. Dalam pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner yang dibagikan kepada 100 masyarakat muslim di wilayah DKI Jakarta. Hasil penelitian menujukkan bahwa sertifikasi halal dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk makanan halal, sedangkan kesadaran halal tidak berpengaruh. Kebaruan penelitian ini terletak pada analisis variabel sertifikasi halal sebagai variabel independen yang masih jarang dijadikan fokus penelitian di sektor industri makanan halal, dan subjeknya adalah masyarakat muslim di DKI Jakarta yang memiliki pontensi konsumsi terbesar. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dan memberikan informasi tambahan tentang faktor-faktor yang paling mempengaruhi keputusan konsumen Indonesia untuk membeli barang halal.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan Syariah D4
User ID Pengunggah: 2004411019 Mutiah
Date Deposited: 04 Sep 2024 07:44
Last Modified: 04 Sep 2024 07:44
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21546

Actions (login required)

View Item
View Item