RANCANG BANGUN SMART DOORBELL BERBASIS IOT MENGGUNAKAN ESP32 CAM

2007421002, Emmi Asnita Nasution (2024) RANCANG BANGUN SMART DOORBELL BERBASIS IOT MENGGUNAKAN ESP32 CAM. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi] Text (Halaman Identitas Skripsi)
HALAMAN IDENTITAS SKRIPSI.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 2 Tinjauan Pustaka] Text (Bab 2 Tinjauan Pustaka)
BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Artikel Ilmiah] Text (Artikel Ilmiah)
ARTIKEL ILMIAH.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (911kB)

Abstrak

Salah satu penerapan teknologi Internet of Things (IoT) adalah dalam sistem pemantauan jarak jauh, seperti sistem pemantauan kondisi rumah. Aplikasi pesan menjadi salah satu media yang efektif untuk mengendalikan sistem IoT karena kemampuannya untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan luas. Informasi yang dikirimkan bisa berupa teks, gambar, atau video. Dalam penelitian ini, sistem pemantau kedatangan tamu berbasis IoT dirancang dengan menghubungkan Push button ke Esp32 Cam. Esp32 Cam berfungsi sebagai mikrokontroler yang menghubungkan semua perangkat. Keunggulan Esp32 Cam meliputi adanya Wi-Fi, Bluetooth, modul kartu Secure Digital (SD), serta kamera yang terpasang langsung pada papan. Sensor inframerah dan Esp32 Cam terhubung dengan buzzer, relay, kunci pintu solenoid, dan sumber daya. Untuk mengoperasikan alat, digunakan aplikasi pesan Telegram dengan memanfaatkan bot Telegram. Bot ini diakses menggunakan ID bot dan bot token yang dibuat melalui BotFather. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Push button dapat mendeteksi dan berfungsi dengan baik sebagai tombol bel. Kamera Esp32 Cam dapat mengambil gambar dengan kualitas yang baik, dan pengujian chatbot berjalan dengan lancar. Buzzer, relay, dan kunci pintu solenoid dapat berfungsi sesuai perintah yang diberikan melalui chatbot Telegram, dan semua perintah telah diuji dan memberikan informasi dalam bentuk teks dan gambar melalui chatting. Sistem ini memungkinkan pemilik rumah untuk melihat dan memantau tamu secara real-time melalui smartphone.
Sistem ini memungkinkan pemilik rumah untuk memantau dan mengendalikan pintu secara real-time melalui smartphone dengan gambar berkualitas tinggi dan perintah yang diuji secara efektif melalui chatbot Telegram, meningkatkan keamanan dan kenyamanan rumah secara signifikan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia dan Jaringan D4
User ID Pengunggah: Emmi Asnita Nasution
Date Deposited: 31 Aug 2024 04:58
Last Modified: 31 Aug 2024 04:58
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21442

Actions (login required)

View Item
View Item