RANCANGAN BANGUN APLIKASI PENGELOLAAN KEUANGAN TOKO. STUDI KASUS : RENATA LABEL

2007412027, Acika Renata Kusuma Putri (2024) RANCANGAN BANGUN APLIKASI PENGELOLAAN KEUANGAN TOKO. STUDI KASUS : RENATA LABEL. D4 thesis, Politeknik Negri Jakarta.

[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d 4))
Bab 2-4_Acika Renata.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (5MB)
[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
Laporan Skripsi_Acika Renata.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
2007412027_Jurnal_Acika Renata.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (955kB)

Abstrak

Renata Label, toko fashion muslim di Bekasi, masih mengelola stok secara manual yang berisiko kesalahan dan keterlambatan. Penelitian terdahulu menunjukkan pentingnya sistem manajemen toko. Aplikasi pengelolaan keuangan yang akan dibangun untuk Renata Label akan menyimpan data penjualan, meminimalisir kesalahan, dan menambah fitur loyalty pelanggan serta analisis data penjualan, membantu efisiensi operasional dan keputusan bisnis berbasis data.Penelitian ini menggunakan metode Waterfall untuk pengembangan aplikasi secara berurutan dari analisis hingga pemeliharaan. Laravel dipilih sebagai framework karena kehandalannya dan dukungan komunitas besar. Dengan Laravel, pengembangan aplikasi diharapkan lebih cepat, berkualitas, dan memiliki performa tinggi sesuai dengan kebutuhan yang ditentukan sejak awal.Penelitian ini berhasil merancang aplikasi pengelolaan keuangan web untuk Toko Renata Label, mencakup pencatatan penjualan, manajemen stok, dan laporan keuangan real-time. Fitur seperti Chart of Accounts (COA) dan integrasi online-offline diuji melalui black box dan UAT. Hasilnya, aplikasi efektif meningkatkan efisiensi, akurasi, dan transparansi keuangan, mendukung keputusan bisnis yang lebih baik.Saran untuk pengembangan aplikasi ke depan meliputi penggunaan framework JavaScript seperti React atau Node.js untuk meningkatkan performa, pengembangan versi mobile untuk akses lebih mudah, serta perluasan menjadi platform toko online. Langkah ini akan menjadikan aplikasi lebih komprehensif, user-friendly, dan mendukung kebutuhan toko fisik maupun online.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Informatika D4
User ID Pengunggah: Acika Renata
Date Deposited: 30 Aug 2024 04:42
Last Modified: 30 Aug 2024 04:42
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21250

Actions (login required)

View Item
View Item