PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID XPLORE MENTAL HEALTH UNTUK ANALISIS DEPRESI DI SMP NEGERI 11 KOTA BOGOR

2007431039, Cornelia Raima Laming (2024) PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID XPLORE MENTAL HEALTH UNTUK ANALISIS DEPRESI DI SMP NEGERI 11 KOTA BOGOR. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Identitas Skripsi, Bab 1 Pendahuluan, dan Bab 5 Penutup] Text (Identitas Skripsi, Bab 1 Pendahuluan, dan Bab 5 Penutup)
Identitas Skripsi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 Tinjauan Pustaka, Bab 3 Metode Penelitian, Bab 4 Hasil dan Pembahasan)] Text (Isi (Bab 2 Tinjauan Pustaka, Bab 3 Metode Penelitian, Bab 4 Hasil dan Pembahasan))
Bab 2-Bab 3-Bab 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Jurnal Penelitian Skripsi] Text (Jurnal Penelitian Skripsi)
Jurnal Skripsi_Cornelia Raima Laming.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (324kB)

Abstrak

Masa remaja adalah periode rentan terhadap tekanan mental yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan mental seperti depresi. Di SMP Negeri 11 Kota Bogor, tingkat depresi siswa menjadi perhatian utama karena berpengaruh pada perkembangan emosional dan kesejahteraan mental mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi berbasis Android, "XPlore Mental Health," untuk membantu guru bimbingan konseling memantau tingkat depresi siswa tanpa mendorong selfdiagnosis. Metode penelitian ini bersifat campuran, melibatkan kuesioner dan wawancara dengan guru bimbingan konseling untuk memahami kebutuhan siswa. Survei awal menunjukkan bahwa 53,31% siswa mengalami tingkat depresi, yang mengarahkan fokus pada pengembangan alat ukur yang dapat diakses dan dipahami dengan mudah. Aplikasi ini menggunakan simbol yang berbeda untuk menggambarkan tingkat depresi dalam empat kategori: diri sendiri, keluarga, sekolah, dan masa depan. Simbol-simbol ini hanya dapat diinterpretasikan oleh guru bimbingan konseling. Hasil uji coba menunjukkan bahwa "XPlore Mental Health" efektif dalam mendukung pemantauan dan intervensi dini terhadap depresi siswa. Aplikasi ini berpotensi menjadi alat yang berguna bagi guru bimbingan konseling untuk memberikan dukungan yang lebih spesifik dan tepat sasaran, serta meningkatkan kesejahteraan mental siswa di SMP Negeri 11 Kota Bogor.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Cornelia Raima Laming
Date Deposited: 30 Aug 2024 00:59
Last Modified: 30 Aug 2024 00:59
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21182

Actions (login required)

View Item
View Item