PERANCANGAN DESAIN KEMASAN SEKUNDER TAKE AWAY UNTUK GELAS (CUP HOLDER) “KUMENANTI COFFEE”

2006421013, Alysa Samira (2024) PERANCANGAN DESAIN KEMASAN SEKUNDER TAKE AWAY UNTUK GELAS (CUP HOLDER) “KUMENANTI COFFEE”. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Isi bab 2 sd bab 4] Text (Isi bab 2 sd bab 4)
BAB 2-4_TA_Alysa_Samira_DG_8A.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Judul, Pendahuluan, Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, Penutup)
Halaman Identitas_Laporan_TA_Alysa_Samira_DG_8A.pdf

Download (2MB)

Abstrak

Dengan semakin meningkatnya tren konsumsi kopi take away, kebutuhan akan kemasan yang praktis, fungsional, dan estetis menjadi semakin penting. Desain kemasan yang baik tidak hanya berfungsi untuk memudahkan konsumen dalam membawa minuman, tetapi juga berperan dalam membangun citra merek dan meningkatkan kenyamanan pelanggan. Salah satu tempat kopi di Bogor yaitu KumenAnti Coffee, berencana untuk menjangkau lebih banyak konsumen dan meningkatkan kenyamanan pelanggan dengan mengubah kemasan take away gelasnya yang sebelumnya hanya kantong plastik menjadi kemasan sekunder take away untuk gelas (cup holder). Saat ini, KumenAnti Coffee menggunakan kantong plastik untuk membawa pesanan konsumen lebih dari satu produk untuk di take away. Sedangkan, produk KumenAnti Coffee belum mempunyai kemasan take away yang menarik. Untuk meminimalisir kendala tersebut, KumenAnti Coffee berencana membuat kemasan sekunder yaitu packaging take away untuk gelas (cup holder). Tujuan utama diadakannya penelitian ini mencari solusi terbaik kemasan take away untuk gelas (cup holder) yang dibutuhkan berdasarkan desain visual, material dan struktur kemasannya. Penelitian ini dilakukan dengan mix methods (metode campuran) kuantitatif dan kualitatif dan digunakan teori design thinking sebagai metode riset desain. Hasil akhir yang didapatkan dari perancangan ini adalah desain kemasan sekunder untuk gelas (cup holder) dalam bentuk tuck end bottom berukuran 18x20x10cm menggunakan bahan yang kokoh dengan harga terjangkau yang dapat menampung dua gelas cup kopi. Dengan adanya kemasan ini, KumenAnti Coffee dapat mudah meningkatkan kenyamanan konsumen serta membangun brand yang lebih kuat.
Kata Kunci: kemasan sekunder, take away, KumenAnti Coffee.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 700 Seni, seni rupa, kesenian
700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 707 Pendidikan, penelitian, topik terkait bidang kesenian dan karya seni
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital)
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: Alysa Samira
Date Deposited: 03 Sep 2024 08:22
Last Modified: 03 Sep 2024 08:22
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/21079

Actions (login required)

View Item
View Item