Rancang Bangun Ionisasi Udara dengan Sistem Monitoring Berbasis IoT

2103321052, Betaria Evelina (2024) Rancang Bangun Ionisasi Udara dengan Sistem Monitoring Berbasis IoT. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of HALAMAN IDENTITAS TUGAS AKHIR.pdf] Text (HALAMAN IDENTITAS TUGAS AKHIR.pdf)
HALAMAN IDENTITAS.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of HALAMAN ISI TUGAS AKHIR.pdf] Text (HALAMAN ISI TUGAS AKHIR.pdf)
HALAMAN ISI.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of JURNAL TUGAS AKHIR.pdf] Text (JURNAL TUGAS AKHIR.pdf)
Jurnal.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (711kB)

Abstrak

Ionisasi udara merupakan salah satu metode yang efektif dalam meningkatkan kualitas udara dengan cara menghilangkan partikel-partikel polutan melalui pembentukan ion negatif. Polusi udara juga bisa terjadi di dalam ruangan contoh nya seperti asap rokok dan partikel debu yang dapat merusak kesehatan manusia. Pada penelitian ini, dirancang sebuah sistem ionisasi udara yang dilengkapi dengan sistem monitoring berbasis Internet of Things (IoT). Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan alat ionisasi udara yang dapat memfilter kualitas udara. Metode yang digunakan berupa rancang bangun yang melibatkan komponen ESP32, Sensor MQ-7 sebagai pendeteksi karbon monoksida(CO), RCWL 0516 sebagai aktifasi dari alat ionisasi udara dan Sensor debu PM 2.5 sebagai pendeteksi partikel kecil sekaligus memonitoring kualitas udara dengan Internet Of things (IoT). Pengukuran dalam penelitian ini sensor jarak RCWL-0516 dapat mendeteksi pergerakan dari 1 sampai 7 meter dan dengan sudut yang bervariasi sampai dengan 360^°dan pada sensor PM 2.5 dilakukan pengujian selama delapan jam dalam kondisi normal di dalam ruang bengkel elektronika Politeknik Negeri Jakarta dan hasil yang diperoleh sebesar 26,2 µg/m³ yang artinya kualitas udara buruk dan dapat berdampak pada kesehatan. Dengan begitu sistem ini efektif dalam mendeteksi dan memonitoring kualitas udara, sehingga dapat menjadi solusi dalam mengatasi polusi udara, terutama di dalam ruangan.

Kata Kunci : Ionisasi udara, Sensor PM 2.5 , RCWL-0516, IoT

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Elektronika Industri D3
User ID Pengunggah: D3 Betaria Evelina
Date Deposited: 30 Aug 2024 08:27
Last Modified: 30 Aug 2024 08:27
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/20956

Actions (login required)

View Item
View Item