IMPLEMENTASI METODE SIMPLE MULTI ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE (SMART) PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBIAYAAN MODAL KERJA EKSPOR UNTUK USAHA KECIL MENENGAH

2007412021, Alifia Fairuzi Keiya Malaon (2024) IMPLEMENTASI METODE SIMPLE MULTI ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE (SMART) PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBIAYAAN MODAL KERJA EKSPOR UNTUK USAHA KECIL MENENGAH. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
jurnal-Alifia Fairuzi KeiyaM.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (237kB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d 4))
2007412021-Alifia Fairuzi Keiya M (bab2-bab4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (19MB)
[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
2007412021-Alifia Fairuzi Keiya M (bab1 dan 5).pdf

Download (8MB)

Abstrak

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia seringkali menghadapi tantangan dalam memperluas jangkauan pasar ke tingkat internasional, terutama karena keterbatasan modal. Meskipun memiliki potensi yang besar untuk berkontribusi pada ekonomi melalui ekspor, banyak UKM di Indonesia yang tidak memiliki akses ke sumber daya finansial yang cukup untuk mendukung kegiatan ekspor mereka. Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia berfungsi mendukung program ekspor nasional melalui Pembiayaan Ekspor Nasional. Pemberian modal kerja ekspor untuk Usaha Kecil Menengah merupakan salah satu tugas khusus yang dilakukan oleh LPEI. Namun, untuk menentukan UKM yang dapat diberikan modal kerja ekspor ini masih dilakukan secara paper-based yaitu melakukan screening kriteria UKM berdasarkan dokumen yang diberikan oleh calon nasabah. Oleh karena itu, dibuatkan Sistem Pendukung Keputusan yang dapat membantu menganmbil keputusan Pembiayaan Modal Kerja Ekspor untuk UKM dengan menggunakan metode Simple Multi Attribute Rating Technique. Metode SMART dipilih karena fleksibilitas dan kesederhanaannya dalam membuat keputusan. Metode ini merupakan multi-kriteria yang menilai alternatif berdasarkan bobot masing-masing kriteria. Berdasarkan hasil uji aplikasi, sistem ini berfungsi dengan baik, system dapat memberikan peringkat yang akurat untuk UKM yang dapat diprioritaskan oleh LPEI dalam memberikan pembiayaan modal kerja eskpor dan membatu pihak terkait memberikan keputusan dengan lebih efektif dan efisen.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Informatika D4
User ID Pengunggah: D4 Alifia Fairuzi Keiya Malaon
Date Deposited: 29 Aug 2024 06:11
Last Modified: 29 Aug 2024 06:11
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/20953

Actions (login required)

View Item
View Item