2007412005, Refina Vania (2024) IMPLEMENTASI ALGORITMA K - MEANS UNTUK MENENTUKAN KARAKTERISTIK CHANNEL PENJUALAN DALAM MEMBELI JENIS PRODUK SKINCARE. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
2007412005_Refina Vania_Jurnal.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori
Download (266kB)
SKRIPSI-Refina Vania(Bab1&Bab5).pdf
Download (1MB)
SKRIPSI-Refina Vania(Bab2-4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (2MB)
Abstrak
Dilihat dari sisi penjualan, karakteristik channel penjualan dalam membeli jenis produk skincare berbeda-beda. Hal ini dapat memengaruhi pendapatan penjualan dan strategi marketing pada brand skincare. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan algoritma K-Means untuk menentukan karakteristik channel penjualan dalam membeli jenis produk skincare. Metode penelitian yang digunakan adalah metode clustering dengan algoritma K-Means, yang diolah dan dianalisis menggunakan Python. Implementasi visualisasi pada penelitian ini akan menggunakan web. Pengujian yang dilakukan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan blackbox testing. Hasil dari analisis data tersebut ditarik kesimpulan bahwa penelitian ini telah berhasil mengimplementasikan algoritma K-Means untuk menentukan karakteristik channel penjualan dalam membeli jenis produk skincare dengan hasil 5 cluster dan bdindex 0,376 serta berhasil membangun web dengan VS untuk implementasi visualisasi dari klastering K-Means tersebut.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Informatika D4 |
User ID Pengunggah: | D4 Refina Vania |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 06:15 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 06:15 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/20919 |