RANCANG BANGUN SISTEM KEAMANAN RUMAH KOS CANTIK BERBASIS YOLOV8

2003421015, Putri Ayuna Qolby Syifa'a (2024) RANCANG BANGUN SISTEM KEAMANAN RUMAH KOS CANTIK BERBASIS YOLOV8. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi] Text (Halaman Identitas Skripsi)
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II s/d BAB IV] Text (BAB II s/d BAB IV)
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah)
JURNAL.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (525kB)

Abstrak

Sistem Keamanan Rumah Kos Cantik Berbasis YOLOv8 dirancang dan dikembangkan untuk meningkatkan keamanan pintu masuk kos menggunakan smart door lock melalui face recognition dan autentikasi kata sandi. Penelitian ini bertujuan menciptakan solusi inovatif dengan menggabungkan teknologi AI dan IoT, dimana sistem ini menggunakan ESP32 Cam berfungsi sebagai perangkat untuk menangkap gambar wajah yang kemudian diolah menggunakan algoritma YOLO guna mendeteksi indentitas penghuni. Selain itu, penggunaan keypad untuk memasukkan kata sandi ditambahkan sebagai lapisan ganda. Jika wajah terdeteksi sebagai penghuni dan memasukan kata sandi yang benar maka smart door lock akan terbuka secara otomatis. Hasil pengujian akurasi model Yolo dengan total dataset 1200 gambar menunjukkan bahwa model Yolo dapat mendeteksi penghuni dengan tingkat keberhasilan 100% yaitu ketika berdasarkan jarak 0,2 m – 0,4 m, pengujian berdasarkan sudut wajah dari kamera 90° dan 120° menghadap kanan, dan sudut 60°dan 30°, pengujian berdasarkan variasi aksesoris yang wajah tampak jelas serta tidak keluar dari frame, dan pengujian berdasarkan pencahayaan ketika wajah terkena cahaya normal dan terang. Sistem ini dilengkapi dengan aplikasi yang ditujukan untuk menampilkan hasil pembacaan face recognition, dan terdapat notifikasi wajah tak terdeteksi berupa capture wajah. Hasil pengujian aplikasi berdasarkan standar ISO 25010 menggunakan karakteristik functional suitability didapatkan hasil 100% dan berdasarkan karakteristik suitability didapatkan hasil 73% sehingga dikategorikan baik.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Broadband Multimedia D4
User ID Pengunggah: D4 PUTRI AYUNA QOLBY SYIFA'A
Date Deposited: 30 Aug 2024 07:46
Last Modified: 30 Aug 2024 07:46
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/20899

Actions (login required)

View Item
View Item