Rancang Bangun Sistem Automasi Backup Virtual Machine dan Konfigurasi Perangkat Jaringan di ISP PT. BPM.

2003421008, Andika Yulyan Chandra (2024) Rancang Bangun Sistem Automasi Backup Virtual Machine dan Konfigurasi Perangkat Jaringan di ISP PT. BPM. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
ISI.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (6MB)
[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
HALAMAN IDENTITAS SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Pengelolaan perangkat jaringan dari berbagai vendor dan platform dalam jumlah besar menjadi tantangan bagi network administrator di perusahaan Internet Service Provider (ISP). Sistem automasi jaringan menjadi solusi yang tepat untuk menyederhanakan dan mempercepat tugas backup perangkat. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan merealisasikan sistem automasi backup perangkat berbasis website, yang memudahkan pengelolaan perangkat secara efektif dan efisien serta mengurangi risiko human-error, terutama dalam proses backup konfigurasi. Sistem yang dikembangkan ini, dirancang menggunakan bahasa Python dengan library Netmiko dan framework Django untuk mengautomasi backup pada perangkat jaringan seperti Mikrotik dan Cisco, Virtual Machine Manager seperti Proxmox, serta folder public_html pada Control Panel Hosting. Selain itu, sistem ini memiliki fitur scheduling yang ditangani oleh tools Celery untuk mengelola penjadwalan tugas secara efisien. Fitur lain dalam sistem ini meliputi manajemen perangkat, monitoring, logging, dan notifikasi untuk mendukung proses pengelolaan backup konfigurasi. Hasil pengujian blackbox testing menunjukkan bahwa 100% fungsionalitas sistem yang mencakup fitur monitoring status perangkat, fitur manajemen perangkat, fitur manajemen akun, fitur backup dan scheduling, serta fitur notifikasi pada berbagai perangkat, dapat bekerja sesuai dengan keinginan. Hasil pengujian Contract Acceptance Test terhadap sistem menunjukkan hasil yang positif. Pada aspek antarmuka pengguna, 100% responden menyatakan bahwa desain antarmuka website sesuai dengan harapan pengguna. Pada aspek proses sistem, 70% responden menilai sangat sesuai (SS), sementara 30% lainnya menilai sesuai (S). Dalam hal fungsionalitas sistem, 66,67% responden menilai sangat sesuai (SS), 16,66% menilai sesuai (S), dan 16,66% tidak menjawab (TJ). Hasil ini menunjukkan bahwa sistem automasi backup konfigurasi perangkat telah memenuhi kebutuhan pengguna dengan baik.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Broadband Multimedia D4
User ID Pengunggah: Andika Yulyan Chandra
Date Deposited: 02 Sep 2024 05:16
Last Modified: 02 Sep 2024 05:16
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/20855

Actions (login required)

View Item
View Item