Rancang Bangun Sistem Monitoring Ketinggian dan Kualitas Air Sumur KP-SPAMS Sagara di Desa Sindangkerta

2003421004, Nazmi Inayah Tillah (2024) Rancang Bangun Sistem Monitoring Ketinggian dan Kualitas Air Sumur KP-SPAMS Sagara di Desa Sindangkerta. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas & Pembukaan (Bab 1) dan Prnutup (Bab 5)] Text (Halaman Identitas & Pembukaan (Bab 1) dan Prnutup (Bab 5))
Halaman Identitas.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d 4))
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (5MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah)
Manuskrip.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (507kB)

Abstrak

Sistem Monitoring Ketinggian dan Kualitas Air Sumur dirancang untuk memberikan pemantauan real-time terhadap kondisi air, khususnya ketinggian dan kualitas yang mencakup aspek pH dan kekeruhan. Sistem ini memanfaatkan mikrokontroler ESP32 sebagai pusat pengendalian, dengan sensor IR SEN0366 untuk mengukur ketinggian air, sensor pH E-201C untuk memantau kadar keasaman, dan sensor kekeruhan TS-300B untuk mendeteksi tingkat kekeruhan air. Pengujian menunjukkan bahwa sensor IR SEN0366 memiliki akurasi yang baik dengan rata-rata selisih 0,0336 meter dibandingkan dengan pengukuran menggunakan laser digital, dan mampu berfungsi hingga jarak 80 meter sesuai spesifikasi. Sensor pH E-201C juga menunjukkan performa yang akurat dengan rata-rata selisih nilai pH sebesar 0,0425 dari referensi standar. Sensor TS-300B efektif dalam mendeteksi kekeruhan air dalam rentang 0 hingga 3000 NTU. Data yang diperoleh dari sistem ini ditampilkan melalui sebuah website yang terintegrasi dengan alat monitoring, memungkinkan pengguna untuk memantau ketinggian air, kualitas air, serta melihat grafik perubahan parameter dari waktu ke waktu. Website ini juga dilengkapi dengan fitur pencarian dan pengunduhan data dalam format CSV. Selain itu, implementasi sistem peringatan melalui WhatsApp menggunakan layanan Fonnte telah berhasil mengirimkan notifikasi real-time tanpa delay yang signifikan. Rekomendasi pengembangan lebih lanjut mencakup kalibrasi sensor IR SEN0366 untuk meningkatkan akurasi pengukuran, pengembangan fitur analitik lanjutan pada website untuk memberikan wawasan yang lebih mendalam, serta mempertimbangkan integrasi sistem dengan aplikasi mobile atau platform lain untuk meningkatkan aksesibilitas dan responsivitas pengelola sumur.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Broadband Multimedia D4
User ID Pengunggah: Nazmi Inayah Tillah
Date Deposited: 29 Aug 2024 07:15
Last Modified: 29 Aug 2024 07:15
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/20790

Actions (login required)

View Item
View Item