Pemrograman Mikrokontroler dengan Sistem Monitoring Berbasis IoT

1903321042, AGUS TOFIK HIDAYAT (2024) Pemrograman Mikrokontroler dengan Sistem Monitoring Berbasis IoT. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Tugas Akhir.pdf] Text (Halaman Identitas Tugas Akhir.pdf)
Halaman Identitas.pdf

Download (984kB)
[thumbnail of Isi Tugas Akhir.pdf] Text (Isi Tugas Akhir.pdf)
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Jurnal Tugas Akhir.pdf] Text (Jurnal Tugas Akhir.pdf)
Jurnal.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (671kB)

Abstrak

Pada zaman sekarang ini Internet Of Things (IoT) merupakan termasuk ke dalam Interface yang sangat populer untuk digunakan dalam Sistem Otomasi maupun Instrumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat Prototype Ionisasi dengan system monitoring berbasis IoT yang menggunakan Pemrograman Mikrokontroler dengan berbagai sensor untuk mendeteksi polutan berbahaya, debu, dan jarak. Sensor-sensor ini meliputi MQ-7 dan MQ-135 untuk mendeteksi gas CO dan NH3, PM 2.5 GP2Y1010AUOF untuk mendeteksi partikel debu, serta RCWl untuk mengukur jarak dan Gerakan. Data dari sensor-sensor ini diolah menggunakan Mikrokontroler ESP32 yang terhubung dengan platform web Node-RED untuk memonitoring data secara langsung.
Data yang dikumpulkan dari sensor-sensor ini dikirimkan secara real-time ke platform monitoring berbasis web yang dibangun menggunakan Node-RED. Sistem ini memanfaatkan protokol Message Queuing Telemetry Transport (MQTT) untuk komunikasi antar perangkat, memastikan pengiriman data yang efisien dan handal. Informasi yang diperoleh dari sistem ini dapat digunakan untuk menganalisis kondisi udara di lingkungan tertentu dan memberikan peringatan dini apabila terdeteksi adanya polutan berbahaya yang melebihi ambang batas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem yang dikembangkan mampu melakukan pemantauan kualitas udara karbon monoksida secara efektif dengan akurasi yang baik yaitu sekitar 5,8 ppm hingga 26,9 ppm sedangkan Amonia sekitar 10 ppm hingga 56 ppm. Implementasi sistem ini diharapkan dapat mendukung upaya mitigasi dampak polusi udara dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya kualitas udara yang sehat.
Kata Kunci : Internet Of Things, MikrokontrolerESP32, MQ-7, MQ-135

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Elektronika Industri D3
User ID Pengunggah: Agus Tofik Hidayat
Date Deposited: 29 Aug 2024 07:01
Last Modified: 29 Aug 2024 07:01
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/20748

Actions (login required)

View Item
View Item