IMPLEMENTASI SMART FARMING PADA LAHAN CABAI MENGGUNAKAN KONTROL APLIKASI BLYNK DAN MONITORING MENGGUNAKAN PROTOKOL KOMUNIKASI ESP-NOW

2103321010, Davin Wildan Ardana (2024) IMPLEMENTASI SMART FARMING PADA LAHAN CABAI MENGGUNAKAN KONTROL APLIKASI BLYNK DAN MONITORING MENGGUNAKAN PROTOKOL KOMUNIKASI ESP-NOW. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Tugas Akhir] Text (Halaman Identitas Tugas Akhir)
Halaman IdentitasTugas Akhir.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi] Text (Isi)
Isi (bab 2-4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (4MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
Artikel Ilmiah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (1MB)

Abstrak

Saat ini, perkembangan teknologi informasi, komunikasi, dan Internet of Things (IoT) telah banyak dimanfaatkan di bidang pertanian, termasuk dalam budidaya cabai. Salah satu aplikasinya adalah implementasi sistem smart farming yang dapat memudahkan pekerjaan petani, seperti dalam hal penyiraman tanaman secara otomatis. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan website monitoring yang efektif untuk menampilkan hasil data sensor pada lahan cabai. Untuk mendukung tujuan tersebut, pengujian dilakukan terhadap sensor kelembaban tanah yang diimplementasikan. Melalui perbandingan dengan alat ukur standar hygrometer, ditemukan bahwa pembacaan sensor berada dalam rentang yang sesuai dengan lima level parameter yang telah ditetapkan (DRY+, DRY, NOR, WET, WET+). Klasifikasi kelembaban tanah didasarkan pada persentase hasil yang menunjukkan akurasi dan konsistensi sensor dalam pengukuran. Fitur-fitur yang disediakan dalam website monitoring diharapkan dapat memudahkan pemantauan dan pengelolaan lahan cabai secara efektif. Fitur-fitur tersebut meliputi tampilan dashboard real-time, visualisasi data sensor, penyimpanan riwayat data, serta antarmuka yang mudah digunakan. Integrasi antara sistem sensor dan platform web monitoring telah berhasil dibangun, sehingga dapat membantu petani dalam menganalisis, mengidentifikasi data, dan mendukung pengambilan keputusan yang berbasis data.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 500 – Ilmu Pengetahuan > 530 Fisika > 537 Listrik dan elektronik
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 630 Pertanian > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Elektronika Industri D3
User ID Pengunggah: Davin Wildan Ardana
Date Deposited: 29 Aug 2024 03:04
Last Modified: 29 Aug 2024 03:04
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/20492

Actions (login required)

View Item
View Item