RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PERISTIWA SUMPAH PEMUDA UNTUK KELAS 5 MI TAUFIQURRAHMAN 2 BERBASIS MARKERLESS AUGMENTED REALITY

2007431044, Izdihar Syah Az Ahranie (2024) RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PERISTIWA SUMPAH PEMUDA UNTUK KELAS 5 MI TAUFIQURRAHMAN 2 BERBASIS MARKERLESS AUGMENTED REALITY. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas] Text (Halaman Identitas)
Halaman Identitas_2007431044_Izdihar Syah Az Ahranie.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of ISI BAB II - BAB IV] Text (ISI BAB II - BAB IV)
ISI_BABII-BABIV_2007431044_Izdihar Syah Az Ahranie.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (5MB)
[thumbnail of Jurnal] Text (Jurnal)
Jurnal_2007431044_Izdihar Syah Az Ahranie.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (934kB)

Abstrak

Mata pelajaran yang berbasis sejarah seringkali dianggap membosankan dan kurang bermakna bagi siswa. Berdasarkan hasil wawancara dengan wali kelas 5 di MI Taufiqurrahman 2, metode pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional. Augmented Reality adalah teknologi yang dapat digunakan untuk menciptakan media pembelajaran yang lebih interaktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi literatur dan wawancara untuk mengumpulkan data. Selain itu, analisis data dilakukan secara kualitatif untuk wawancara dan secara kuantitatif menggunakan skala Likert melalui kuesioner. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis markerless Augmented Reality untuk meningkatkan pemahaman dan minat siswa terhadap peristiwa sejarah Sumpah Pemuda. Penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle dengan tahapan-tahapan yang meliputi: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Hasil beta testing menunjukkan bahwa 90,4% siswa merasa materi lebih mudah dipahami, 94,7% siswa lebih tertarik dan paham dengan peristiwa Sumpah Pemuda, dan 96,5% siswa tidak merasa bosan dengan pengalaman belajar menggunakan media ini. Penelitian ini membuktikan bahwa teknologi Augmented Reality efektif dalam meningkatkan pemahaman materi, minat belajar, dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 609 Sejarah, perlakuan geografis, biografi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Izdihar Syah Az Ahranie
Date Deposited: 28 Aug 2024 02:22
Last Modified: 28 Aug 2024 02:22
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/20369

Actions (login required)

View Item
View Item