PENGARUH KELANGKAAN DAN EFFORT TERHADAP MINAT BELI UANG PERINGATAN KEMERDEKAAN 75 TAHUN DI E-COMMERCE

2004421056, Fadly Razaan (2024) PENGARUH KELANGKAAN DAN EFFORT TERHADAP MINAT BELI UANG PERINGATAN KEMERDEKAAN 75 TAHUN DI E-COMMERCE. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Dokumen Skripsi_Fadly Razaan] Text (Halaman Identitas Dokumen Skripsi_Fadly Razaan)
Halaman Identitas Dokumen Skripsi_Fadly Razaan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 2 s.d Bab 4 Isi Skripsi] Text (Bab 2 s.d Bab 4 Isi Skripsi)
Bab 2 s.d Bab 4 Isi Skripsi_Fadly Razaan.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (885kB)
[thumbnail of Artikel Ilmiah] Text (Artikel Ilmiah)
Artikel Ilmiah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (418kB)

Abstrak

Seiring dengan perkembangan pesat e-commerce di Indonesia, platform seperti Shopee dan Tokopedia telah menjadi saluran penting bagi penjualan barang-barang langka, termasuk uang peringatan kemerdekaan. Produk ini memiliki daya tarik khusus karena kelangkaannya dan usaha yang diperlukan untuk mendapatkannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kelangkaan dan usaha (effort) terhadap minat beli uang peringatan kemerdekaan 75 tahun di platform e-commerce. Studi ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang dibagikan kepada 96 responden yang dipilih secara acak sesuai kriteria yaitu berusia > 18 Tahun, pernah mengetahui UPK 75, dan pernah mengetahui penjualan UPK 75 di e-commerce. Metode analisis yang digunakan yaitu regresi linear berganda dan diolah menggunakan aplikasi SPSS 26. Temuan penelitian menunjukkan bahwa dimensi kesesuaian barang dalam variabel kelangkaan memiliki pengaruh paling tinggi terhadap minat beli konsumen. Semakin langka dan unik suatu barang, semakin tinggi minat beli konsumen terhadap barang tersebut. Selain itu, usaha yang dikeluarkan oleh konsumen untuk mendapatkan barang juga berpengaruh positif terhadap minat beli. Konsumen yang bersedia menginvestasikan waktu dan tenaga yang lebih untuk memperoleh uang peringatan cenderung memiliki minat beli yang lebih tinggi.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan D4
User ID Pengunggah: Fadly Razaan
Date Deposited: 04 Sep 2024 08:28
Last Modified: 10 Sep 2024 03:27
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/20350

Actions (login required)

View Item
View Item