Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Jasa Desain Grafis Berbasis Mobile Menggunakan Framework Flutter

1907412024, Zahira Jauza Sudarsono (2024) Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Jasa Desain Grafis Berbasis Mobile Menggunakan Framework Flutter. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Identitas Skripsi] Text (Identitas Skripsi)
BAB1&5.pdf

Download (11MB)
[thumbnail of Isi] Text (Isi)
BAB2-4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (6MB)
[thumbnail of Manuskrip artikel ilmiah] Text (Manuskrip artikel ilmiah)
Jurnal Skripsi.docx
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (47kB)

Abstrak

Desain Grafis bergerak di bidang penyediaan jasa dimana desain grafis sangat dibutuhkan untuk logo atau kemasan bagi pelaku usaha di kalangan masyarakat. Semakin banyak pelaku usaha yang menggunakan jasa desain grafis, maka semakin tinggi pesanan yang diterima oleh penyedia jasa desain grafis. Jika penyedia jasa desain grafis menggunakan sistem pemesanan manual dan pesanan jasa desain semakin tinggi, maka tidak dapat dipungkiri bahwa pendataan pesanan jasa desain akan sulit dan memakan waktu. Oleh karena itu, memesan jasa desain melalui aplikasi adalah solusi untuk masalah tersebut. Aplikasi ini akan berbasis mobile yang dikembangkan dengan menggunakan framework bernama flutter dengan bahasa pemrograman dart yang dimaksudkan untuk memastikan aplikasi dapat berjalan di berbagai platform. Sistem back-end aplikasi akan menggunakan firebase untuk berbagai tujuan seperti database, otentikasi dan lain-lain. Sistem payment gateway akan menggunakan pihak ketiga bernama midtrans, midtrans digunakan karena menawarkan banyak metode pembayaran. Dan terakhir aplikasi akan dikembangkan menggunakan metode waterfall yang terdiri dari empat langkah utama dalam siklus hidup pengembangan; perencanaan, analisis, desain dan implementasi. Penelitian berikut bertujuan untuk menghasilkan sistem yang dapat mengatasi permasalahan yang disebutkan dengan menggunakan framework dan tools yang telah dijelaskan, diharapkan sistem ini akan membantu pemesanan jasa desain grafis secara digital.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Informatika D4
User ID Pengunggah: Zahira Jauza Sudarsono
Date Deposited: 27 Aug 2024 09:10
Last Modified: 27 Aug 2024 09:10
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/20233

Actions (login required)

View Item
View Item