IMPLEMENTASI ALGORITMA ARIMA UNTUK MEMPREDIKSI PERKIRAAN PENJUALAN PRODUK SKINCARE

2007412017, Bilvan Nabil Laksvian (2024) IMPLEMENTASI ALGORITMA ARIMA UNTUK MEMPREDIKSI PERKIRAAN PENJUALAN PRODUK SKINCARE. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
2007412017-Bilvan Nabil Laksvian-Laporan Skripsi (Halaman Identitas Skripsi).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d 4))
2007412017-Bilvan Nabil Laksvian-Laporan Skripsi (Bab 2 - Bab4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (750kB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
2007412017-Bilvan Nabil Laksvian-Jurnal.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (162kB)

Abstrak

Penggunaan sistem aplikasi prediksi perkiraan penjualan produk berbasis web yang sangat diperlukan saat ini untuk meningkatkan efisiensi dan kemudahan dalam menentukan total jumlah produk yang akan terjual, dengan adanya sistem aplikasi ini dapat memudahkan pengelolaan jumlah stock yang tersedia didalam gudang khususnya untuk penyimpanan agar tidak ada terjadinya lagi kelebihan stock dibeberapa produk sehingga dapat mengurangi ruang penyimpanan yang tersedia. Aplikasi ini dirancang menggunakan bahasa pemrograman Python untuk melakukan perhitungan prediksi dengan algoritma ARIMA, lalu tampilan dirancang menggunakan HTML untuk membuat dan menyusun struktur halaman agar dapat divisualisasikan dan dapat menampilkan grafik statistik sebagai perbandingan antara data aktual dan hasil dari prediksi perkiraan pejualan produk tersebut. Hasil pengujian black box dapat menunjukkan bahwa semua fitur dalam sistem aplikasi ini berfungsi dengan baik tanpa adanya kesalahan fungsional, dan dapat dipastikan bahwa sistem berjalan sesuai dengan ekspektasi dan setiap tahap proses pemodelan ARIMA dapat menghasilkan hasil yang sudah memuaskan dan dapat digunakan dengan tepat. Dengan adanya aplikasi ini dapat membantu brand accelyn skincare dalam memprediksi perkiraan penjualan jumlah produk untuk menunjukan pola permintaan konsumen terhadap produk tertentu dalam periode bulan tertentu apakah adanya peningkatan atau penurunan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Informatika D4
User ID Pengunggah: Bilvan Nabil Laksvian
Date Deposited: 27 Aug 2024 08:07
Last Modified: 27 Aug 2024 08:07
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/20212

Actions (login required)

View Item
View Item