PERANCANGAN SISTEM KONTROL ALIRAN UDARA BERTEKANAN PADA KOMPRESOR UDARA

2103321095, Hesty Amaliyah (2024) PERANCANGAN SISTEM KONTROL ALIRAN UDARA BERTEKANAN PADA KOMPRESOR UDARA. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Tugas Akhir] Text (Halaman Identitas Tugas Akhir)
Halaman, Identitas, Tugas Akhir.pdf

Download (939kB)
[thumbnail of Isi] Text (Isi)
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Jurnal] Text (Jurnal)
Jurnal.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (190kB)

Abstrak

Pada era industri 4.0, kebutuhan akan sistem kontrol yang efisien dan terintegrasi semakin mendesak, terutama dalam pengelolaan perangkat seperti kompresor udara. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan prototype sistem kontrol udara bertekanan pada kompresor yang berbasis Raspberry Pi, dengan memanfaatkan perangkat lunak PLC Codesys dan protokol komunikasi ModBus RTU. Raspberry Pi digunakan sebagai pengontrol utama yang berfungsi untuk mengelola aliran udara dalam sistem kompresor melalui kontrol otomatis solenoid valve, yang didukung oleh sensor flow switch. Sistem ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam pengendalian tekanan udara, serta memberikan kemudahan dalam pemantauan dan pengoperasian melalui antarmuka berbasis web. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem ini mampu mengontrol dan memantau kompresor udara dengan baik, serta memberikan respon yang cepat terhadap perubahan kondisi operasional.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Elektronika Industri D3
User ID Pengunggah: A.md Hesty Amaliyah
Date Deposited: 28 Aug 2024 05:49
Last Modified: 28 Aug 2024 05:49
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/20129

Actions (login required)

View Item
View Item