METODE PELAKSANAAN PEKERJAAN BEKISTING ALUMINIUM (STUDI KASUS PROYEK APARTEMEN SKY HOUSE ALAM SUTERA+ PHASE 2 TANGERANG)

2101311011, Maria Ulfa (2024) METODE PELAKSANAAN PEKERJAAN BEKISTING ALUMINIUM (STUDI KASUS PROYEK APARTEMEN SKY HOUSE ALAM SUTERA+ PHASE 2 TANGERANG). D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, Penutup, Daftar Pustaka] Text (Judul, Pendahuluan, Penutup, Daftar Pustaka)
NASKAH TA_MARIA ULFA (FILE 1).pdf

Download (880kB)
[thumbnail of Abstrak, Bab I-V, Lampiran] Text (Abstrak, Bab I-V, Lampiran)
NASKAH TA_MARIA ULFA (FILE 2).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (5MB)

Abstrak

Pelaksanaan pekerjaan bekisting pada proyek Apartemen Sky House Alam Sutera+ Phase 2 ini menggunakan bekisting aluminium. Elemen yang ditinjau yaitu kolom. Sistem pelaksanaannya dilakukan secara bersamaan. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengecek kekuatan kolom, balok, dan pelat lantai serta metode pelaksanaan pekerjaan pada kolom lantai 28. Teknik pengumpulan data menggunakan cara studi literatur, wawancara, dan observasi langsung ke lapangan. Hasil akhir menyimpulkan bahwa proyek Apartemen Sky House Alam Sutera+ Phase 2 menggunakan aluminium sebagai material utama pada pekerjaan bekisting dengan spesifikasi aluminium A6061-T6 yang difabrikasi oleh PT. Hyundai Aluminium Internasional, Korea. Material aluminium ini berbentuk puzzle yang nantinya disusun membentuk struktur bekisting yang direkatkan dan dapat digunakan sekitar 100 kali. Pada perhitungan kekuatan kolom yang dihitung yaitu kekuatan lentur dan lendutan pada panel kolom, stiffener dan form tie sedangkan pada balok dan pelat lantai yang dihitung yaitu kekuatan lentur dan lendutan pada panel, stiffener, main beam, aluminium dan steel pipe serta support. Hasil dari keseluruhan perhitungan, bekisting mampu menopang beban-beban yang bekerja dan sudah sesuai yang direncanakan. Untuk metode pelaksaanan pekerjaan kolom telah dilaksanakan di lapangan sesuai dengan urutan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 690 Pembangunan gedung > 690 Pembangunan gedung
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 690 Pembangunan gedung > 692 Praktek yang berhubungan dengan pekerjaan konstruksi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Konstruksi Gedung D3
User ID Pengunggah: Maria Ulfa
Date Deposited: 27 Aug 2024 12:22
Last Modified: 27 Aug 2024 12:22
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/20120

Actions (login required)

View Item
View Item