Implementasi Pemrograman Codesys untuk Prototype Sistem Kontrol Aliran Udara Bertekanan

2103321076, Muhamad Rizki (2024) Implementasi Pemrograman Codesys untuk Prototype Sistem Kontrol Aliran Udara Bertekanan. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Tugas Akhir dan Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Halaman Identitas Tugas Akhir dan Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
Halaman Identitas Tugas Akhir.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d Bab 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d Bab 4))
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (5MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
Manuskrip Artikel Ilmiah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (2MB)

Abstrak

Pertumbuhan di sektor industri dan meningkatnya kebutuhan energi mendorong penggunaan sistem udara bertekanan yang lebih efisien, yang sangat penting untuk banyak proses manufaktur. Kebocoran udara dan kontrol yang tidak efektif adalah penyebab umum dari penurunan efisiensi sistem ini. Penelitian ini membuat prototipe sistem kontrol udara bertekanan berbasis Raspberry Pi 3B, yang diprogram menggunakan perangkat lunak Codesys berbasis PLC, sebagai upaya untuk mengatasi masalah tersebut. Aliran udara di dalam kompresor akan dikontrol secara otomatis oleh prototipe ini, dan WebVisu akan memungkinkan pemantauan aliran udara secara real-time. Menggunakan protokol Modbus RTU, Raspberry Pi diintegrasikan dengan Sensor Flow Switch dan Solenoid Valve untuk mendeteksi dan mengontrol aliran udara sesuai kebutuhan. Berdasarkan hasil pengujian, teknologi ini dapat meningkatkan efisiensi penggunaan udara terkompresi, yang dapat mengurangi jumlah energi yang digunakan dalam proses industri. Sebagai hasilnya, diantisipasi bahwa adopsi teknologi ini oleh industri akan menghasilkan penghematan energi yang cukup besar dan peningkatan efektivitas operasional.
Kata Kunci: Kontrol Udara, Codesys , Flow Switch, Solenoid Valve, Raspberry Pi 3B, Modbus RTU, WebVisu, PLC

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Elektronika Industri D3
User ID Pengunggah: Muhamad Rizki
Date Deposited: 28 Aug 2024 05:37
Last Modified: 28 Aug 2024 05:37
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/20099

Actions (login required)

View Item
View Item