PERANCANGAN COMPANY PROFILE SEBAGAI PENUNJANG INFORMASI & PROMOSI STEM INSTITUTION

2006421040, Maulana Arya Dharu (2024) PERANCANGAN COMPANY PROFILE SEBAGAI PENUNJANG INFORMASI & PROMOSI STEM INSTITUTION. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta Desain Grafis D4.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
BAB I & V.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[thumbnail of Bab II sd IV isi dan Perancangan] Text (Bab II sd IV isi dan Perancangan)
BAB II sd IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Pendekatan pendidikan STEM mulai dikenal di Indonesia, dengan beberapa pengajar mulai menerapkannya di kelas. Namun, data dari Programme for International Student Assessment (PISA) pada tahun 2023 menunjukkan bahwa Indonesia mendapatkan nilai rata-rata 403 untuk sains (peringkat ketiga terbawah), 397 untuk membaca (peringkat terakhir), dan 386 untuk matematika (peringkat kedua terbawah) dari 72 negara. STEM Institution, didirikan pada tahun 2023 di Kelapa Gading, Jawa Barat, adalah lembaga pendidikan STEM yang berfokus pada bidang Coding dan Robotika. Hingga kini, STEM Institution telah meluluskan lebih dari 20 siswa bersertifikat di bidang STEM. Meskipun berhasil memperkuat citra perusahaan melalui Instagram, hasil pengamatan dan wawancara penulis menunjukkan bahwa penggunaan media sosial oleh STEM Institution belum efektif dalam menyampaikan informasi lengkap mengenai lembaga ini dan sebagai alat promosi untuk menjalin kerjasama dengan mitra bisnis yang diinginkan. Oleh karena itu, tujuan dari perancangan ini adalah menciptakan company profile yang berfungsi sebagai sarana untuk menginformasikan dan mempromosikan STEM Institution agar mampu bersaing dan berkolaborasi dengan lembaga sejenis di industri Pendidikan STEM. Perancangan ini akan mempertimbangkan teori, data, dan prinsip desain yang relevan. Metode riset desain yang digunakan adalah Design Thinking dengan metode pengumpulan data kualitatif deskriptif melalui wawancara, observasi, dan studi literatur. Data tersebut akan diolah menjadi arahan kreatif, diikuti dengan proses sketsa, digitalisasi, dan pemilihan desain terbaik. Hasil akhir dari perancangan ini adalah company profile dengan aplikasi layout,font,dan warna brand yang mendukung informasi, promosi, dan acuan desain untuk kepentingan STEM Institution, sehingga tujuan untuk menjalin kerjasama dapat tercapai. Selain itu, desain juga akan diterapkan pada media turunan seperti kartu nama, merepresentasikan keunggulan dan riwayat kerjasama STEM Institution serta memberikan perbedaan yang jelas dengan pesaing sejenis.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Kata Kunci Uncontrolled: Company profile, Desain Grafis, Promosi, STEM
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 002 Buku (topik menulis, perpustakaan, dan buku)
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 030 Ensiklopedia dan buku fakta > 030 Karya ensiklopedia umum
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital)
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: Arya Dharu Maulana
Date Deposited: 27 Aug 2024 07:20
Last Modified: 27 Aug 2024 07:20
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19947

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item
View Item