RANCANG BANGUN PANEL SURYA BIFACIAL MENGGUNAKAN KONSENTRATOR PASIF

2103311071, Muh. Abigail Ramadhan A. (2024) RANCANG BANGUN PANEL SURYA BIFACIAL MENGGUNAKAN KONSENTRATOR PASIF. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Identitas Skripsi, BAB I-BAB V, DAFTAR PUSTAKA,LAMPIRAN] Text (Identitas Skripsi, BAB I-BAB V, DAFTAR PUSTAKA,LAMPIRAN)
Identitas Skripsi, BAB I-BAB V, DAFTAR PUSTAKA,LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of ISI BAB II - BAB IV] Text (ISI BAB II - BAB IV)
Isi BAB II - BAB IV.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (13MB)

Abstrak

Energi matahari merupakan salah satu sumber energi yang paling banyak potensinya di muka bumi. Sel surya mengubah sinar matahari langsung menjadi listrik yang kemudian dikenal sebagai fotovoltaik (PV). Saat ini, bifacial pv menjadi sesuatu yang menjanjikan untuk digunakan karena memiliki konversi yang lebih tinggi dari monofacial PV. adanya 2 sisi pada bifacial PV (atas-bawah) akan menghasilkan daya energi yang lebih tinggi, namun permasalahan saat ini konversi energi dari bifacial PV belum maksimal, bagaimanapun penelitian ini tetap penting untuk diteliti lebih jauh. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, bifacial PV membutuhkan desain reflektor yang tepat dengan mengukur sudut kemiringan dari panel surya, jarak antara panel dan reflektor serta warna dari reflektor. Penelitian ini bertujuan mendesain modul reflektor untuk panel surya jenis bifacial supaya dapat meningkatkan dan mengoptimalkan performa yang diakibatkan dari pantulan reflektor yang ada di bagian bawah solar panel bifacial. Dari hasil dan analisis pengukuran didapatkan desain modul fotovoltaik dengan dimensi 240cm x 115 cm x 130 cm dengan bahan besi hollow mampu menopang panel surya seberat 27 kg dan dapat mengaturberbagai sudut kemiringan , dengan jarak antar panel surya dan reflektor 110 cm, dengan menggunakan konsentrator pasif bernahan dasar akrilik berwarna silver menghasilkan daya terbaik dari pantulan iradiasi matahari,sehingga didapatkan daya keluaran terbesar pada pengujian puncak arus dan daya saat kondisi cerah yang terjadi pada pukul 12.50 dengan intensitas cahaya sebesar 37.900, intensitas cahaya pantulan sebesar 13.200 didapatkan daya sebesar 457,6W dan arus sebesar 11A dengan variasi beban resistor variabel sebesar 5 ohm.Desain yang dapat meningkatkan dan mengoptimalkan panel surya jenis bifacial dengan menggunakan konsentrator pasif Dengan pengujian yang telah dilaksanakan didapatkan persentase hasil optimal dengan menggunakan konsentrator pasif sebesar 18,5%.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Listrik D3
User ID Pengunggah: Muhammad Abigail Ramadhan A.
Date Deposited: 01 Sep 2024 23:52
Last Modified: 01 Sep 2024 23:52
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19941

Actions (login required)

View Item
View Item