ANALISA KINERJA SISTEM MONITORING KELISTRIKAN TRAINER KIT PLTPH BERBASIS IOT

2103311088, Danival Auzan Dhabith (2024) ANALISA KINERJA SISTEM MONITORING KELISTRIKAN TRAINER KIT PLTPH BERBASIS IOT. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Identitas Skripsi, BAB I-BAB V, DAFTAR PUSTAKA,LAMPIRAN] Text (Identitas Skripsi, BAB I-BAB V, DAFTAR PUSTAKA,LAMPIRAN)
Identitas Skripsi, BAB I-BAB V, DAFTAR PUSTAKA,LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB II-BAB IV] Text (BAB II-BAB IV)
BAB II-BABIV.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)

Abstrak

Pengembangan sistem monitoring kelistrikan berbasis Internet of Things (IoT) pada Trainer Kit Pembangkit Listrik Tenaga Pikohidro bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan keandalan dalam pengawasan serta pengendalian parameter-parameter kelistrikan secara real-time. Penelitian ini menganalisis kinerja sistem monitoring yang dirancang untuk mengukur tegangan, arus, dan frekuensi, serta mengirimkan data tersebut melalui jaringan IoT ke platform pemantauan berbasis web. Pengujian dilakukan dengan berbagai skenario operasional untuk menilai akurasi, kecepatan respon, dan stabilitas sistem. Secara keseluruhan, sistem monitoring kelistrikan berbasis IoT pada Trainer Kit Pembangkit Listrik Tenaga Pikohidro ini dapat diandalkan untuk aplikasi pendidikan dan penelitian, karena hasil akurasi sensor untuk kelistrikan AC dan akurasi sensor untuk putaran turbin diatas 95%. Akurasi kelistrikan DC untuk tegangan sebesar 98% dan arus seesar 81%. Untuk tingkat keandalan sebesar 100% yang membuktikan monitoring handal dalam mengumpulkan data.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 515 Analisis
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Listrik D3
User ID Pengunggah: Danival Auzan Dhabith
Date Deposited: 28 Aug 2024 04:41
Last Modified: 28 Aug 2024 04:41
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19931

Actions (login required)

View Item
View Item