Pemrograman Monitoring Kelistrikan PLTPh Berbasis IoT

2103311053, Sakha Ramdhan Putra (2024) Pemrograman Monitoring Kelistrikan PLTPh Berbasis IoT. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Identitas Skripsi, BAB I-BAB V, DAFTAR PUSTAKA,LAMPIRAN] Text (Identitas Skripsi, BAB I-BAB V, DAFTAR PUSTAKA,LAMPIRAN)
Identitas Skripsi, BAB I-BAB V, DAFTAR PUSTAKA,LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB II-BABIV] Text (BAB II-BABIV)
BAB II-BABIV.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)

Abstrak

Tugas akhir ini bertujuan untuk mengembangkan sistem monitoring Trainer Kit Pembangkit Listrik Tenaga Pikohidro (PLTPh) berbasis Internet of Things (IoT). Sistem ini dirancang untuk memantau kinerja dan kondisi operasional PLTPh secara real-time guna meningkatkan efisiensi dan keandalan pembangkit listrik skala kecil ini. Modul sensor energi PZEM 004T digunakan untuk mengukur parameter kelistrikan AC seperti tegangan, arus, daya aktif, dan energi total. Pembacaan parameter kelistrikan DC protokol Modbus RTU pada MPPT menggunakan komunikasi RS485 dan diolah oleh ESP32. Semua parameter dikirim ke broker MQTT Node-RED untuk ditampilkan dalam dashboard interaktif. Selain itu, data disimpan secara aman di Google Sheets melalui akun layanan Google, memungkinkan analisis data lebih lanjut dan pemantauan jarak jauh. Implementasi ini mempermudah pengawasan kinerja PLTPh dan mendukung pengambilan keputusan berbasis data. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem monitoring ini mampu menyediakan informasi yang akurat dan real-time, serta memiliki potensi untuk diterapkan pada berbagai jenis pembangkit listrik skala kecil lainnya.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Listrik D3
User ID Pengunggah: Sakha Ramdhan Putra
Date Deposited: 28 Aug 2024 04:32
Last Modified: 28 Aug 2024 04:32
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19894

Actions (login required)

View Item
View Item