IMPLEMENTASI SENSOR ULTRASONIK DAN SISTEM MONITORING BERBASIS IOT SEBAGAI PENGUKUR KETINGGIAN PERMUKAAN AIR PADA STASIUN PENGAMAT ALIRAN SUNGAI (SPAS)

2103321084, Khairan Khamil Afnal (2024) IMPLEMENTASI SENSOR ULTRASONIK DAN SISTEM MONITORING BERBASIS IOT SEBAGAI PENGUKUR KETINGGIAN PERMUKAAN AIR PADA STASIUN PENGAMAT ALIRAN SUNGAI (SPAS). D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi (Judul, Lembar Pengesahan, Halaman Deklarasi Orisinalitas, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel), Abstrak, Bab 1, Bab 5, Daftar Pustaka / Referensi dan Lampiran] Text (Halaman Identitas Skripsi (Judul, Lembar Pengesahan, Halaman Deklarasi Orisinalitas, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel), Abstrak, Bab 1, Bab 5, Daftar Pustaka / Referensi dan Lampiran)
Halaman Identitas Tugas Akhir.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d Bab 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d Bab 4))
Isi (Bab 2-4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip artikel ilmiah (jurnal)] Text (Manuskrip artikel ilmiah (jurnal))
JURNAL ARTIKEL_WM.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (772kB)

Abstrak

Sistem Monitoring untuk Stasiun Pengamat Aliran Sungai (SPAS) sebagai peringatan dini banjir berbasis mikrokontroler ESP32, yang mampu memberikan informasi mengenai curah hujan dan ketinggian air sungai. pemantauan aliran sungai dapat dilakukan secara lebih dan real-time menggunakan sistem monitoring berbasis Internet of Things (IoT). Untuk mengatasi permasalahan tersebut sensor ultrasonik HC-SR04 yang berfungsi untuk mendeteksi ketinggian permukaan air dalam satuan (cm). Data hasil pengukuran akan dikirim ke IoT (Internet of Things). Dalam prototipe ini hasil pengujian akan dibandingkan dengan mistar, dimana terdapat nilai indicator aman, waspada, dan bahaya, sedangkan persentase error diperoleh 1,35%. Jika kondisi ketinggian air sudah mencapai bahaya, maka tampilan pada web berstatus bahaya dan memberitahu user untuk mengambil tindakan.
Kata Kunci : Ultrasonik, SPAS, IoT

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Elektronika Industri D3
User ID Pengunggah: Khairan Khamil Afnal
Date Deposited: 27 Aug 2024 06:49
Last Modified: 27 Aug 2024 06:49
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19861

Actions (login required)

View Item
View Item